:
:
News
Tren Pertumbuhan Reksadana Syariah Positif

gomuslim.co.id - Kontribusi reksadana syariah terhadap nilai aktiva bersih (NAB) sepanjang 2020 diperkirakan bakal terus berlanjut. Reksadana berbasis sukuk disebut akan menjadi penopang pertumbuhan produk reksa dana syariah.

Head of Capital Market Research Infovesta Utama, Wawan Hendrayana mengatakan secara umum pertumbuhan reksadana syariah selama beberapa tahun belakangan sangat baik. “(Pertumbuhan kinerja) Sangat signifikan,” ujar Wawan, Senin (3/2/2020).

 

Baca juga:

Diskusi MES: Reksadana Syariah Pilihan Cerdas Berinvestasi

 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), per Desember 2019, kontribusi reksadana syariah terhadap total nilai aktiva bersih (NAB) reksadana mencapai 9,91 persen atau Rp53,75 triliun dari total NAB Rp543,19 triliun. Kontribusi tersebut, meningkat dibandingkan dengan posisi pada 2018 sebesar 6,82 persen. 

Wawan mengatakan, basis pertumbuhan produk reksadana syariah pada tahun-tahun sebelumnya sudah terbilang tinggi. Karena itu, kontribusi dana kelolaan produk reksadana syariah pada 2020 diperkirakan mencapai kisaran 10 persen. 

Menurut Wawan, reksadana berbasis sukuk baik berjenis proteksi maupun pendapatan tetap akan menjadi penyokong kinerja reksadana syariah. Sama halnya dengan tahun lalu, reksa dana proteksi masih akan menjadi produk favorit bagi investor.  Dia beralasan penurunan suku bunga membuat investor mencari instrumen investasi yang memberikan hasil lebih pasti.

 

Baca juga:

Ini Produk Reksa Dana Syariah Baru dari Trimegah Asset Management

 

Reksadana berjenis pasar uang juga dinilai Wawan menjanjikan. Meski tidak seagresif reksa dana proteksi, Wawan menyebut minat masyarakat untuk membeli reksa dana pasar uang cukup tinggi.

Di sisi lain, reksadana syariah berjenis saham akan semakin ditinggalkan karena menunjukkan kinerja yang kurang maksimal selama beberapa tahun belakangan, bahkan cenderung turun. “Alternatifnya ketika sahamnya sudah sangat turun, sukuk menjadi menarik,” tutupnya. 

Untuk diketahui, reksadana syariah adalah reksadana yang hanya dapat berinvestasi di efek keuangan yang sesuai dengan kaidah dan prinsip syariah atau dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan tentunya masih terikat dengan batasan investasi yang ditetapkan oleh OJK. (Mr/bisnis/bareksa)

Responsive image
Other Article
Responsive image