:
:
News
Jaga Kesucian, Ribuan Bahan Cetakan Alquran Rusak Akan Dibakar

gomuslim.co.id - Sekitar 2.000 kilogram berbagai bahan cetakan ayat suci lama dan yang rusak termasuk Alquran akan dibuang dengan cara dibakar. Abu sisa pembakaran tersebut akan dibuang ke laut. Pembakaran Alquran ini akan dilakukan oleh Yayasan Taman Masjid.

Dilansir dari Bharian, Selasa (04/03/20), Yayasan Taman Masjid sudah beroperasi sejak dua tahun lalu ini merupakan satu-satunya lembaga untuk mebuang Alquran dan buku-buku agama yang sudah usang dan rusak. Yayasan ini sudah berkerjasama dengan Jabatan Agama Islam Johor (JAINJ) Segamat, Malaysia.

 

Baca juga:

Ini Jawaban Saudi terkait Kesalahan Penerjemahan Alquran

 

“Semua proses pembuangan dimulai dari pemilihan, penimbangan, pembakaran, pembungkusan dan pembuangan abu Alquran ke laut. Ini dilakukan sesuai dengan prosedur adat. Prosedur ini dilakukan dengan teliti sesuai dengan aturan JAINJ, termasuk ketika mengeluarkan abu Alquran di tengah laut dengan jarak sekitar satu jam dari pantai sehingga Alquran tetap mulia meski menjadi abu," kata Ketua Yayasan Masjid Taman Imam, Samsuri Ismail.

 

Baca juga:

Hafal Alquran 30 Juz, Alasan Gadis Asal Garut Ini Buat Orangtua Kagum 

 

Beliau ditemui di Masjid Kampung Bendahara Kampung Lubok Batu di sini, hari ini. Turut hadir, Penghulu Mukim Gemerih, Nur Shah Afendi dan Imam Masjid Kampung Bendahara Lubok Batu, Zainal Din Zainal.

Samsuri mengatakan di antara mereka yang mengirim Alquran dan buku-buku tua kepadanya adalah penduduk setempat, sekolah agama, masjid dan kantor pemerintah di sekitar Segamat dan lokasi terdekat.

“Setelah menerima Alquran atau buku tua dari publik, langkah pertama adalah memisahnya menjadi dua bagian sebelum menguraikannya menjadi lembaran yang lebih tipis. Ketika setiap bagian memiliki berat 400 kilogram, pekerjaan pembakaran akan dilakukan di tungku khusus sekitar 24 jam sebelum semuanya dibakar dan diubah menjadi abu," katanya. (Mr/Bharian)

Responsive image
Other Article