:
:
News
Edukasi Keselamatan Berkendara, Polisi dan Komunitas Muslim Rwanda Jalin Sinergi

gomuslim.co.id – Kepolisian Nasional Rwanda menggandeng Komunitas Muslim Rwanda (RMC) untuk menggelar edukasi keselamatan berkendara. Pelatihan ini diadakan di 33 masjid di seantero Rwanda.

Juru bicara Kepolisian Rwanda, John Bosco Kabera berharap komunitas Muslim dapat mendukung keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. “Kami mengucapkan terimakasih kepada RMC atas partisipasinya. Kami sekarang menjalin kerja sama dengan Muslim dalam keamanan berkendara Melalui muslim kami bersama menyebarkan pesan kedamaian dan keamanan,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi The News Times, Ahad (2/1/2020)

Ia mengungkapkan, Islam adalah agama yang damai. Katanya, Ia menjamin keamanan orang adalah nilai yang penting. Ia juga mengingatkan umat Islam menaati aturan berkendara seperti standar kecepatan, menghindari penggunaan ponsel, dan menghormati pengendara lain.

 

Baca juga:

Tantara Muslimah Afrika Selatan Dapat Izin Pakai Hijab

 

“Saat ini menurut data yang diperoleh, kelalaian berkendara sudah di angka 80 persen dari penduduk yang ada. Penyebabnya dari kecelakaan di Rwanda,” jelasnya.

Sementara itu, Tokoh Muslim Rwanda, Sheikh Salim Hitimana mengatakan Islam adalah agama yang menghargai kehidupan dan kemanusiaan. Menurutnya, keamanan berkendara jadi bagian yang patut dilakukan demi menghindari korban di jalanan.

"Kami diberi informasi penting soal keselamatan di jalan. Kami senang dapat mengikuti kegiatan ini agar menghindari kecerobohan di jalan," ujarnya.

Untuk diketahui, Angka kecelakaan di Rwanda turun 17 persen dibanding tahun lalu, dari 5.611 kecelakaan di 2018 jadi 4.661 di 2019. Mayoritas korban tewas kecelakaan ialah pejalan kali (223 orang), pengendara motor (184 orang), dan pesepeda (130 orang). (hmz/thenewstimes/rep)

 

Baca juga:

Asosiasi Muslim Afrika Timur Dukung Komunitas Mangoci Pertahankan Muslimah Kenakan Hijab

Responsive image
Other Article
Responsive image