:
:
News
MUI Apresiasi Deklarasi Perlindungan Hutan Tropis Indonesia

gomuslim.co.id - Ketua Bidang Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga selaku anggota Interfaith for Rainforest Initiative (IRI) KH. Muhyiddin Junaidi mengapresiasi putusan deklarasi perlindungan hutan tropis Indonesia yang digelar oleh sejumlah Lintas Agama.

Ia mengatakan, bumi adalah anugerah dan rumah bersama bagi setiap makhluk yang seluruh isinya diciptakan cukup untuk semua. Katanya, Ekosistem tropis yang ada ditengah bumi ini diciptakan pula sebagai rumah bagi lahan gambut yang luas.

Karena itu, menurutnya, manusia yang juga sebagai Khalifah wajib merawat bumi dan alam. Karena, terangnya, ekosistem yang sangat penting untuk penyerapan karbon mampu melestarikan keanekaragaman hayati sehingga dapat menjaga keseimbangan iklim dunia.

“Tuhan telah menciptakan dunia ini dengan sangat indah. Kita sebagai umat yang juga Khalifah di muka bumi ini wajib merawat alam ini. Merawat hutan ini guna terjaganya keanekaragaman hayati sehingga mampu memberikan keseimbangan pada iklim. Dari situlah akan meminimalisir angka bencana,” katanya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

 

Baca juga:

Organisasi Lintas Agama Dunia Serukan Penjagaan Hutan Tropis

 

Menurutnya, pemicu utama kerusakan dan hilangnya hutan di Indonesia disebabkan oleh system kebijakan dan pola pembangunan yang tidak berkelanjutan dan tidak berpihak kepada masyarakat adat maupun masyarakat lokal yang bergantung pada hutan.

“Untuk perlindungan hutan tropis. Saya meminta kepada Pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan dan perizinan sebagai alih fungsi hutan dan lahan dalam skala luas, agar lebih selektif. Karena terkadang kebijakan dari praktik pembangunan yang tidak berkelanjutan secara sosial dan ekologis mampu menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati dan dapat mencemarkan lingkungan,” terangnya.

Ia berharap, Indonesia dapat terus berkontribusi terhadap memaksimalkan perlindungan dan keberlangsungan bumi dari sisi penjagaan hutan tropis.

“Semoga Indonesia yang kaya dengan hutan tropisnya, dapat terus memberikan kontribusi maksimal bagi kelangsungan umat manusia dan mari kita wariskan generasi generasi yang akan datang dengan merawat alam dengan sebaik mungkin,” pungkasnya. (hmz)

 

Baca juga:

MDMC Gagas Program Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Penelitian

Responsive image
Other Article
Responsive image