:
:
News
Peringati Insiden Masjid Quebec, Film Dokumenter Baru Siap Diputar

gomuslim.co.id - Sebuah film dokumenter berjudul The Mosque: A Community's Struggle akan diputar dalam perayaan insiden penembakan Masjid Quebec tahun ketiga. Film dokumenter baru tersebut merupakan potret intim komunitas Muslim yang tangguh dari Ste-Foy, Québec, ketika mereka berjuang untuk bertahan hidup dan mengubah narasi tentang apa artinya menjadi seorang Muslim.

Penulis dan sekaligus Sutradara asal Montreal, Kanada, Ariel Nasr mengatakan bahwa pengalamannya sebagai pembuat film di Afghanistan mendorongnya untuk menjangkau korban dan anggota keluarga dari serangan di Kota Quebec.

“Saya datang dari tempat di mana saya bekerja dengan banyak komunitas yang trauma oleh teror dan kekerasan. Saya tidak berpikir saya akan melihatnya lagi ketika saya kembali ke Kanada,” ujar Nasr seperti dilansir dari publikasi About Islam, Jumat (31/1/2020).

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Peringati Tragedi Masjid Quebec

 

Nasr mengungkapkan, ia mulai mengerjakan film dokumenter tersebut tak lama setelah insiden penembakan yang terjadi pada tahun 2017 lalu. "Saya tahu bahwa sementara untuk seluruh Quebec mungkin tampak seperti peristiwa yang terisolasi, saya tahu bahwa masyarakat akan berjuang dengan trauma dan bertanya-tanya apakah ini bisa terjadi lagi," kata Nasr.

Disisi lain, berdasarkan pengakuan salah seorang anggota masjid, Zebida Bendjadou mengatakan bahwa dirinya baru meninggalkan masjid hanya 45 menit sebelum serangan teroris terjadi. "Ketika kami pergi ke masjid, meskipun telah direnovasi, kami masih melihat bukti penembakan," ungkapnya.

Ia mengaku masih melihat lubang peluru di karpet. "Itu sangat mengerikan. Saat dunia bergerak, Masjid kecil ini dan komunitasnya memerangi Islamofobia, pelecehan, dan ucapan benci,” imbuhnya.

Ia juga mengungkapkan, selama hidup dengan damai di Kota Quebec selama 37 tahun, ada sesuatu yang rusak pada malam penembakan itu. “Saya harap ada kebangkitan. Kami di sini, kami berbeda, tetapi perbedaan itu memperkaya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tiga tahun lalu, seorang pria bersenjata Kanada melepaskan tembakan ke sebuah masjid di Kota Quebec pada malam 29 Januari 2017. Pelakunya adalah Alexandre Bissonnette, orang yang bertanggung jawab atas penembakan masjid Kota Quebec. Dia telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup tanpa kemungkinan bebas bersyarat selama 40 tahun. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Pemakaman Muslim di Quebec Kanada Resmi Dibuka pada 2020

Responsive image
Other Article
Responsive image