:
:
News
Begini Cara Bijak Rasulullah Hadapi Wabah seperti Virus Corona

gomuslim.co.idMunculnya virus Corona saat ini menjadi kekhawatiran terbesar bagi seluruh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, virus tersebut kini menjadi momok menakutkan lantaran telah menewaskan lebih dari 100 jiwa dari berbagai negara. Kondisi ini sebelumnya juga pernah terjadi pada zaman Nabi Muhammad SAW yang diserang wabah penyakit kusta.

Menyikapi hal itu, Rasulullah pun memiliki semacam prosedur tetap (prostap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menghadapi wabah penyakit, seperti virus Corona.

Salah satunya, beliau memerintahkan kepada umat agar tidak dekat-dekat atau melihat orang yang mengalami wabah kusta. Seperti sabdanya dalam sebuah hadits yang artinya, “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta,” (HR. Bukhari)

 

Baca juga:

Ilmuwan Muslim Ini Ternyata Penemu Virus Corona

 

Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan agar umat Muslim tidak mendekati wilayah yang terkena wabah penyakit atau jika terlanjur terjebak di dalam wilayah tersebut, jangan pergi ke mana-mana.

“Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)

Selain SOP, Nabi Muhammad juga menganjurkan agar menghadapi situasi tersebut dengan sabar sambil meminta pertolongan Allah SWT. Untuk melengkapi ikhtiar, umat Muslim pun dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai berikut:

Allahumma inni a’udhu bika minal-barasi, wal- jununi, wal-judhami, wa min sayyi’il-asqami.”

Artinya: 'Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat'. (HR Abu Daud). 

Dikutip dalam buku berjudul 'Rahasia Sehat Ala Rasulullah SAW: Belajar Hidup Melalui Hadith-hadith Nabi' oleh Nabil Thawil, di zaman Rasulullah SAW jika ada sebuah daerah atau komunitas terjangkit penyakit Tha'un, Rasulullah memerintahkan untuk mengisolasi atau mengkarantina para penderitanya di tempat isolasi khusus, jauh dari pemukiman penduduk.

Ketika diisolasi, penderita diperiksa secara detail, kemudian dilakukan langkah-langkah pengobatan dengan pantauan ketat. Para penderita baru boleh meninggalkan ruang isolasi ketika dinyatakan sudah sembuh total.

Tha'un sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW adalah wabah penyakit menular yang mematikan, penyebabnya berasal dari bakteri Pasterella Pestis yang menyerang tubuh manusia. (mga/Muslimokezone/dbs/foto:ayosemarang)

 

Baca juga:

Heboh Wabah Virus Corona, Ini Doa Agar Terhindar dari Segala Penyakit

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store