:
:
News
Pakar Filipina Kembangkan Halal Food Emergency Siap Santap

gomuslim.co.id – Sejumlah pakar Filipina telah mengembangkan makanan halal siap saji berbasis beras yang akan berfungsi sebagai makanan darurat untuk daerah-daerah yang dilanda bencana di Negara tersebut.

Kepala Divisi Layanan Teknologi dari Departemen Sains dan Teknologi (DOST-ITDI), Nelia Elisa Florendo mengungkapkan, pakar-pakar tersebut telah mengembangkan makanan siap saji (RTE) Arroz Caldo, atau tepung bubur nasi. Produk ini akan berfungsi sebagai makanan darurat pada saat bencana ketika waktu memasak makanan sulit.

Filipina sendiri adalah negara yang akan menerima angin topan hingga mencapai 20 kali ditiap tahunnya. Selain itu ada pula bencana gempa bumi dan bencana dari manusia itu sendiri seperti konflik sosial. Persediaan darurat dalam bentuk makanan dan air dinilai akan sangat meningkatkan kualitas respon bencana.

 

Baca juga:

Saudi Buka Cafe Halal Pertama di Area Pegunungan Alpen

 

Dikemas dalam sebuah kantong, RTE Arroz Caldo memiliki masa simpan satu tahun dan dapat dimakan tanpa memasak seperti mie instan dan makanan kaleng yang membutuhkan air dan sumber panas untuk dimasak.

Florendo juga mengatakan, ITDI juga bekerja sama dengan perusahaan swasta, Kai-Anya Food Inc. untuk lebih meningkatkan RTE Arroz Caldo. Arroz Caldo sendiri adalah makanan umum sup ayam berbasis nasi Filipina.

Menurut Florendo, para ahli sedang bekerja untuk memproses sertifikasi halal untuk makanan darurat tersebut. Sehingga nantinya, Arroz Caldo juga dapat didistribusikan ke daerah-daerah Muslim yang terkena musibah.

Dapat diingat bahwa selama periode ketika bencana melanda daerah Muslim, responden darurat menghadapi kesulitan karena beberapa korban bencana akan meminta makanan halal.

RTE Arroz Caldo dijual ke Departemen Pembangunan Kesejahteraan Sosial yang mendistribusikannya sebagai barang bantuan darurat untuk para korban bencana-bencana di negara tersebut.

Departemen kesejahteraan sosial memiliki gudang di seluruh negara tempat barang-barang bantuan disimpan. ITDI berfungsi sebagai salah satu pilar yang meletakkan dasar bagi sains dan teknologi di negara ini. Ini melakukan penelitian dan pengembangan industri multidisiplin, layanan teknis, dan terjemahan pengetahuan atau transfer teknologi dan komersialisasi. (mga/Halaltimes)

 

Baca juga:

Restoran Marrakech Cuisine, Kuliner Halal Khas Maroko di Jakarta Selatan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store