:
:
News
Keterbatasan Fisik Tidak Jadi Penghalang Santri Ini Menghafal Alquran

gomuslim.co.id – Ada banyak contoh anak-anak yang semangat menghafal Alquran. Salah satunya seperti Mohammad Alvino Desvandra ini. Dia adalah santri Rumah Tahfidz Barokallah yang berlokasi di Tawang Sukowilangun, Kalipare, Malang, Jawa Timur.

Fisik Alvino memang tidak sempurna, namun bocah berusia 11 tahun itu tengah berjuang menghafal Alquran. Meski hidup dalam keterbatasan, namun semangatnya untuk menghafal Alquran bersama teman-temannya yang normal tak terkalahkan. Bersama Ustadzah Luluk, asaatidzah rumah tahfidz amat sabar membimbing Alvino dengan metode talaqi.

Setiap ba’da Subuh, Alvino datang ke rumah tahfidz untuk murajaah hafalannya sebelum berangkat sekolah. Alvino juga dikenal siswa yang rajin di sekolahnya. Seringkali ia membantu menyiram tanaman, memberi makan ikan, dan ikut piket membersihkan kelas.

Keterbatasan justru membuat Alvino semakin menyempurnakan apa yang dimilikinya. Ia tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan ceria. Ditengah kesibukannya menghafal Alquran, Alvino mengisi waktu luangnya dengan bersholawat atau belajar memijat.

 

Baca juga:

Masya Allah, Empat Nenek Penghafal Alquran Ini Ikut Wisuda Tahfidz

 

“Saya ingin belajar banyak hal selain menghafal Alquran dan bisa memberikan mahkota untuk orangtua,” tuturnya polos sambil tersenyum ramah.

Kini Alvino sudah hafal juz 30 dan tengah melanjutkan hafalannya di Juz 1. Alvino memperlajari Alquran briellenya sendiri dari ayat-ayat yang telah dia hafal. Setiap selesai Magrib ia rutin menyetorkan hafalannya di rumah tahfidz.

Awalnya, Rumah Tahfidz Barokallah hanya memiliki delapan santri. namun seiring berjalannya waktu banyak warga sekitar yang mengenal program menghafal Alquran dan memasukkan anak-anaknya ke rumah tahfidz. Hingga kini, ada 26 santri yang belajar tahfidz bersama Alvino.

“Kami mengajak seluruh masyarakat mendukung para santri menghafal Alquran di Rumah Tahfidz Barokalloh. Seperti arti nama rumah tahfiznya, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada para santri dan donatur yang memfasilitasinya. Aamiin,” ujar Pimpinan PPPA Daarul Qur’an Malang, Ivan Mahendra. (daarulquran)

 

Baca juga:

Belajar Dakwah, Keluarga Asal Denmark Ini Kunjungi Kampung Quran di Yogyakarta

Responsive image
Other Article
Responsive image