:
:
News
Marvel Kenalkan Karakter Superhero Muslim Baru

gomuslim.co.id - Pada tahun 40-an di abad terakhir, pahlawan super Muslim yang menginspirasi muncul untuk pertama kalinya dalam buku komik. Beberapa tahun yang lalu,  Marvel mengenalkan superhero Muslim bernama Kamala Khan.

Tahun ini, komik Marvel kembali menghadirkan karakter superhero Muslim baru bernama Amulet. Pahlawan super Amulet merupakan tokoh keturunan Arab-Amerika dari Dearborn, Michigan. Ini menambah karakter lain yang beragam dalam daftar panjang pahlawan super Muslim.

“Amulet akan mendapatkan pengantar resmi dalam edisi terbaru komik ‘Magnificent Ms. Marvel #13," demikian seperti dilansir dari publikasi About Islam, Kamis (16/01/2020).

Karakter superhero ini diciptakan oleh Saladin Ahmed yang lahir di Detroit. Amulet digambarkan sebagai superhero Arab-Amerika yang mendapatkan kekuatan dari jimat ‘bazar’, simbol Timur Tengah yang dianggap melindungi pemakainya dari mata jahat.

 

Baca juga:

Karakter Muslim Ms. Marvel Kini Hadir dalam Video Game

 

"Kita cenderung mengasosiasikan sudut tajam dan ujung dengan kejahatan, dan desain bulat dan lingkaran dengan baik," kata ilustrator Yordania-Amerika Sara Alfageeh.

Ia menyebut, palet warna biru dan putih dan desain melingkar ditarik dari Nazar, simbol yang muncul di seluruh Timur Tengah yang melindungi pemakainya dari mata jahat atau niat berbahaya dari orang lain. “Ada sedikit sentuhan historis dan supranatural,” tambahnya.

Sebelumnya, 'pahlawan super Muslim' di tahun 40-an bernama Kismet memerangi kaum fasis dan Nazi di Prancis selatan pada tahun 1944 selama Perang Dunia II. Superhero ini membantu warga sipil sambil mengenakan jubah kuning unik milik Aljazair.

Pahlawan Muslim yang mirip dengan Kismet muncul pada 2000 ketika DC memperkenalkan karakter Turki bernama Janissary yang penampilan terakhirnya pada 2007.

Selain itu, karakter Marvel, Monet St. Croix memulai debutnya pada tahun 1994 tetapi tidak diidentifikasi sebagai karakter Muslim hingga 2011. Pada tahun 1995, Marvel memperkenalkan superhero Suriah bernama Batal dan segera membunuhnya. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Wow! Hollywood Siap Luncurkan Karakter Superhero Muslim Pertama

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store