:
:
News
Ini Kata Founder Halal Corner Terkait Sertifikasi Halal Gratis bagi UMK

gomuslim.co.id - Berdasarkan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH), Jaminan Produk Halal akan mulai diselenggarakan oleh pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama. Pemberlakukan kewajiban sertifikasi halal mulai 17 Oktober 2019 dilakukan secara bertahap.

Menanggapi ini, Halal Corner merespon positif adanya pemberlakuan sertifikasi halal gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK). Namun regulasi baru tersebut dianggap belum tersosialisasikan dengan cukup.

 

Baca juga:

Rencana Sertifikasi Halal Gratis Bagi UMK Mulai Dapat Dukungan

 

Pendiri dan CEO Halal Corner, Aisha Maharani menilai adanya ketidaksiapan dari BPJPH, sumber daya manusia dan Sistem Jaminan Halal. Hal ini lantas membuat bingung pelaku usaha yang ingin mengajukan sertifikasi.

Halal Corner sebagai komunitas halal yang menyampaikan aspirasi konsumen maupun produsen tidak bermaksud memojokkan, namun berupaya kritis dalam rangka untuk membangun. “Kita hanya lebih pada peduli mengingatkan pemerintah ketidaksiapannya di mana, jika ada keharusan untuk diperbaiki dan ditingkatkan pemerintah harus bisa menerima, bukan unsur kita tidak menerima,” katanya.

 

Baca juga:

Manaree Bakery and Cake Sajikan Brownies Halal Ala Amerika dan Korea

 

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika Indonesia ingin menjadi pusat industri halal, tentu banyak hal yang harus dikejakan dan diperbaiki. “Seharusnya melempar wacana seperti ini (Indonesia sebagai Pusat Industri Halal) harus dibarengi kesiapan dari seluruh elemen yang ada, jadi bukan hanya baru diskusi saja,” pungkasnya. (Mr/mina)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store