:
:
News
Komunitas Muslim Inggris Siapkan Masjid sebagai Tempat Berlindung Tunawisma

gomuslim.co.id – Great Barr Muslim Foundation menyatakan sejumlah masjid di Inggris mempersilahkan tunawisma di wilayahnya untuk menjadikan masjid sebagai tempat berlindung selama musim dingin. Bahkan sejumlah masjid nantinya akan menyediakan makanan sehingga para tunawisma merasa nyaman dan hangat saat berada di dalam masjid.

Dilansir kantor berita Al Jazeera pada Rabu (15/1/2020), Inggris saat ini sedang menghadapi musim dingin yang suhunya bisa sangat menusuk pada malam hari. Bahkan, tidak sedikit para tunawisma menghadapi kedinginan dengan menggunakan cara berisiko demi tetap hangat, misalnya alkohol dan narkoba.

"Karena itu, agar mereka tidak menggunakan zat tidak halal, kami menyediakan perlindungan pada malam hari bagi yang punya tempat tidur atau perlindungan yang nyaman. Kegiatan ini merupakan bagian dari project Masjids with the Homeless," tulis Great Barr Muslim Foundation yang melakukan kegiatan tersebut di akun Facebooknya.

General Manager Green Lane Mosque salah satu masjid yang menampung Tunawisma di Inggris, Kamran Hussain mengatakan, ide membuka masjid bagi kelompok tunawisma ini berasal dari kepala pelayanan Humayun Saleem, yang sangat khawatir dengan banyaknya jumlah tunawisma di jalan dalam cuaca yang bisa mencapai minus derajat.

Ia mengungkapkan Green Lane Mosque and Community Centre, kini meluncurkan kegiatan untuk menolong tunawisma yang membutuhkan perlindungan supaya bisa bertahan di cuaca yang sangat dingin.

 

Baca juga:

Inggris Siap Bangun Masjid Baru dengan Gaya Arsitektur Abad ke-19

 

"Kita bisa melihat para tunawisma terbungkus beberapa lapis baju di jalanan kota Birmingham yang sangat dingin. Mereka harus tidur di jalanan keras dalam suhu yang bisa menyebabkan tubuh membeku. Kami ingin membantu mereka menghindari risiko mati kedinginan dalam kondisi ini," terang Kamran Hussain.

Selain itu, Masjid Makki di Manchester, juga menyediakan perlindungan terhadap tunawisma. Selain bisa berlindung dari suhu dingin pada malam hari, tunawisma juga mendapat bantuan makanan dan bisa membersihkan diri.

Rabnawaz Akbar selaku perwakilan Masjid Makki Mainchester menyatakan, dengan letaknya yang berada di komunitas warga Asia Tengah, maka menu yang tersedia adalah makanan tradisional dari Bangladesh atau Pakistan.

"Suhu di luar sangat dingin dan kami berpikir yang bisa dilakukan untuk menolong para homeless. Namun kadang solusi bagi mereka bukan sekadar atap untuk berlindung pada malam hari. Sebagian dari mereka ada yang mengalami ketergantungan narkoba, korban kekerasan, atau punya gangguan mental. Dalam kondisi ini, mereka perlu bantuan lebih dari sekadar perlindungan melawan suhu dingin," kata Rabnawaz Akbar.

Kemudian, Masjid Al Manaar, di London, untuk kali pertama dalam 8 tahun menyediakan perlindungan untuk tunawisma, yang bekerja sama dengan kelompok West London Mission (WLM).

Kelompok WLM tidak hanya bekerja sama dengan masjid, namun agama dan kepercayaan lain yang bersedia membuka rumah ibadahnya bagi kelompok yang membutuhkan. Al Manaar Muslim Cultural Centre berperan besar membantu tunawisma yang berlindung di masjid tersebut.

Sebelumnya dilaporkan Jumlah muslim di Inggris 2019 mencapai 3 juta jiwa yang merupakan terbanyak dalam sejarah. Dikutip dari The Sun, beberapa wilayah di London hampir 50 persen penduduknya beragama Islam. Angka ini merupakan analisa Office for National Statistics (ONS). (hmz/Aljazeera/dbs)

 

Baca juga:

Masjid Birmingham Bantu Tunawisma selama Musim Dingin di Inggris

Responsive image
Other Article
Responsive image