:
:
News
Buat Terobosan, Saudi Dukung Lima Sutradara Wanita Garap Film Unik

gomuslim.co.id – Kerajaan Saudi semakin terbuka bagi kaum wanita untuk berkarir dan berkarya. Baru-baru ini, penyelenggara festival film Saudi telah memberikan dukungan kepada lima sutradara wanita untuk menggarap proyek film baru yang unik.

Kelima sutradara perempuan tersebut diantaranya Hind Alfahhad, Jowaher Alamri, Noor Alameer, Sara Mesfer dan Fatima Al-Banawi. Mereka akan membuat lima film pendek yang digabungkan menjadi fitur dokumenter omnibus. Pembuat film Palestina sekaligus pemenang penghargaan, Suha Arraf dipilih sebagai pengawas penulisan naskah film.

Film yang akan akan ditayangkan perdana di festival perdana pada bulan Maret ini didanai oleh Festival Film Internasional Laut Merah dan diproduksi oleh rumah produksi Jeddah, Cinepoetics Pictures.

“Proyek ini memberikan laporan orang pertama yang kuat tentang kehidupan kontemporer di Saudi, dari wanita Saudi, pada saat perubahan yang menarik,” kata Direktur Festival, Mahmoud Sabbagh seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa (14/01/2020).

 

Baca juga:

Ramai di Media Sosial, Hujan Salju Guyur Wilayah Arab Saudi 

 

Mahmoud percaya pada kapasitas film untuk memajukan keanekaragaman dan integrasi. Pihaknya juga mendukung karya-karya baru yang inovatif adalah inti dari misi ini. “Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengusahakan hal ini selain dengan menciptakan peluang bagi pembuat film Saudi untuk menceritakan kisah mereka sendiri," katanya.

Setiap narasi yang berpusat pada wanita adalah potret karakter yang intim. Bersama-sama, latar belakang dan alur ceritanya yang beragam menampilkan keragaman adegan film kontemporer Saudi.

Film ini digarap oleh para sutradara yang berasal dari seluruh Kerajaan. Sedangkan film-film yang dibuat mengambil momen di kota Makkah, Madinah, Jeddah, dan Riyadh.

"Ini adalah pengalaman unik yang berpartisipasi dalam sebuah film bersama sesama sutradara perempuan Saudi. Semua bercerita tentang kewanitaan dengan cara yang berbeda," kata sutradara Alfahhad. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

CCHI Saudi Terapkan Kebijakan Asuransi Kesehatan untuk Jemaah Umrah

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store