:
:
News
Musim Dingin, Muslim Birmingham Beri Fasilitas Gratis bagi Tunawisma

gomuslim.co.id – Komunitas Muslim Birmingham, Inggris kembali menyediakan fasilitas tempat tidur gratis bagi para tunawisma selama musim dingin. Aksi ini dilakukan agar orang-orang yang tidak memiliki rumah tetap dapat tidur dengan aman dan nyaman di tempat yang telah disediakan.

Kamran Hussain, dari Green Lane Mosque and Community Center (GLMCC) di Small Heath mengatakan permasalahan terkait tunawisma terus meningkat di Midlands dan Inggris. Bahkan, ia menyebut saat ini orang-orang sekarat di jalanan sudah mencapai tingkat krisis.

“Penting bagi kelompok agama dan komunitas untuk membantu mereka yang membutuhkan. Sebagai lembaga agama Islam, kita dituntut untuk merawat orang miskin dan kurang beruntung,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Birmingham Mail, Sabtu (11/01/2020).

Bersatu untuk membantu para tunawisma, anggota GLMCC, Muslim Aid, dan As-Suffa Institute mengumpulkan sumber daya mereka dengan melakukan penggalangan dana, dan keahlian untuk mengatasi masalah tunawisma yang merusak jalan-jalan.

“Banyak organisasi tidak memiliki kapasitas untuk menjalankan proyek sebesar ini. Ini membutuhkan keuangan, basis sukarelawan yang besar dan banyak organisasi serta koordinasi,” kata Hussain.

Menurutnya, dengan berkumpul, setidaknya organisasi tidak kesulitan menjalankan proyek amal seperti ini. “Dengan menampung para tunawisma, kami akan menciptakan ruang yang aman bagi mereka dan memberi mereka sedikit kelegaan dari kehidupan keras mereka,” tuturnya.

Ia menyebut, pihaknya juga memiliki orang-orang yang bekerja membantu para tunawisma, untuk memberikan saran tentang bagaimana mereka bisa keluar dari jalanan.

Hussain menambahkan bahwa para pengguna akan diberikan bantuan yang dibutuhkan untuk keluar dari jalan. “Kami berharap agar sejumlah tunawisma mendapat akomodasi permanen. Banyak tunawisma yang kesulitan menavigasi melalui sistem tunjangan untuk mendapatkan akses ke dukungan keuangan atau perumahan,” jelasnya.

Tahun lalu, melalui sebuah proyek di Green Lane, Hussain berhasil mendapatkan sekitar 10 orang ke dalam perumahan. Itu merupakan pencapaian besar yang dilakukan komunitas Muslim.

 

Baca juga:

Restoran Milik Warga Muslim di Inggris Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma di Hari Natal

 

Tim As-Suffa sendiri membagikan makanan kepada para tunawisma empat kali seminggu dari tempat tinggal mereka di Lionel Street dekat Pusat Kota.

Membantu Tunawisma

Muslim Inggris telah memimpin upaya untuk membantu kaum miskin dan tunawisma di musim dingin ini. Aksi sangat terpuji ini pun banyak dilakukan selama acara perayaan Natal lalu.

Misalnya, restoran Cardiff milik Muslim yang membuka pintunya pada Hari Natal untuk menyediakan makanan gratis bagi para tunawisma, orang rentan, dan orang tua.

Muslim Birmingham juga menyelenggarakan makan siang yang meriah pada bulan Desember lalu untuk memberi makan para gelandangan dan orang-orang yang tertidur di kota itu.

Masjid tertua Inggris membuka pintunya pada hari Rabu, 25 Desember, untuk menampung orang-orang miskin, tunawisma, kesepian, dan lanjut usia untuk makan siang Natal.

Sekelompok pemuda Muslim Ahmadiyah bekerja sama untuk mengirimkan 10.000 makanan kepada orang-orang yang tertidur sebelum tanggal 31 Desember. Semua dilakukan secara sukarela untuk membantu sesama. (jms/birminghammail)

 

Baca juga:

Muslim Blackburn Berbagi Hadiah untuk Pasien Rumah Sakit Jelang Libur Natal

Responsive image
Other Article
Responsive image