:
:
News
Pemkab Karanganyar Kembangkan Destinasi Wisata Halal

gomuslim.co.id - Wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata. Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia berpotensi untuk mengembangkan wisata halal.

Kabupaten Karanganyar bisa menjadi salah satu destininasi wisata halal yang patut dikunjungi. Sebab baru-baru ini pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar sedang gencar mengembangkan wisata halal.

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengembangkan konsep wisata halal di Desa Karang, Karangpandan, Karanganyar, yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2020.

 

Baca juga:

Dispar Sleman: Wisata Halal untuk Semua Kalangan dan Agama

 

“Objek baru yang spesifik kami kembangkan di daerah pandawa. Ada lima desa dengan pusat di Desa Karang. Basisnya adalah wisata halal. Saat ini juga sedang kami komunikasikan dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan alasan pengembangan wisata halal lantaran Pemkab Karanganyar melihat peluang bisnis wisata halal sedang digandrungi. Bahkan pada 2020 ini, jumlah pengeluaran wisata muslim diprediksi mencapai 200 miliar. Ia berharap destinasi wisata halal Karangnayer bisa menjadi primadona dan pionir wisata halal Indonesia.

 

Baca juga:

Pengembangan Wisata Halal, Pemerintah RI Bentuk Program Homestay untuk Wisatawan

 

Nantinya di tempat wisata halal akan diterapkan aturan syariah. Misalnya di tempat penginapan, pasangan yang bukan suami istri tidak boleh menginap kecuali bersama rombongan. Selain itu, ada juga kolam pemandian khusus perempuan, khusus laki-laki dan anak-anak. Ada juga fasilitas olahraga sunnah Nabi Muhammad SAW seperti berkuda, memanah dan berenang.

“Kami akan menerapkan aturan yang syariah di wisata termasuk penginapannya. Kalau dewasa bukan pasangan suami istri tidak boleh kecuali rombongan. Selain itu nanti ada olahraga nabi juga. Aspek-aspek syariah seperti itu yang akan kami tawarkan kepada pengunjung nantinya,” imbuhnya. (Mr/solopos/foto:lawupark)

Responsive image
Other Article
Responsive image