:
:
News
AMPHURI Jelaskan Soal Kenaikan Harga E-Visa Umrah

gomuslim.co.id - Memasuki awal Januari 2020, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menaikkan biaya e-visa umrah sebesar 52 USD atau setara Rp 750 ribu-Rp 800 ribu. Kenaikan biaya e-visa umrah ini terjadi karena adanya penambahan komponen asuransi yang harus dibayarkan calon jemaah umrah.

“Berdasarkan pengecekan pada sistem aplikasi visa umrah pada hari Rabu tanggal 1 Januari 2020, pukul 00.00 waktu Arab Saudi atau pukul 04.00 waktu Indonesia Barat, maka kami sampaikan informasi penambahan biaya visa umrah untuk asuransi 189 riyal atau US$52 bagi setiap jamaah umrah,” demikian surat edaran dari laman resmi Amphuri.org.

 

Baca juga:

Saudi Mulai Terapkan Asuransi untuk Jemaah Umrah, Ini Manfaatnya

 

Menyikapi hal ini, DPD AMPHURI Jateng DIY, Endro Dwi Cahyono mengatakan dengan berat hati menyampaikan kebijakan kenaikan biaya ini kepada jemaah. ''Biro travel diharapkan selain menyampaikan secara baik juga menyampaikan bukti adanya kenaikan harga ini. Sejujur-jujurnya sampaikan kepada para jemaah. Asuransi yang dibayarkan itu nantinya akan meng-cover jemaah jika sakit dan dirawat di Arab Saudi. Jika ada jemaah yang meninggal dunia, asuransi akan menutup semua biaya pemulangan jenazah dan santunan jika meninggal karena kecelakaan” Jelas Endro

AMPHURI juga melakukan audiensi ke Kemenag Jateng untuk berkomunikasi terkait kenaikan harga asuransi ini, Senin (6/1/20).

 

Baca juga:

Layani Jemaah Haji, Saudi Siapkan Terminal Bus Berteknologi Tinggi

 

Plt Kemenag Jateng, Moh Ahyani mendorong biro perjalanan umrah dan haji plus terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait kebijakan kenaikan e-visa umrah.

''Penyelenggara haji umrah ini diharapkan bisa mengedukasi kepada masyarakat, khususnya umat islam yang akan menjalankan ibadah haji dan umrah. Agar mereka tidak mendapat informasi yang menyesatkan dan dicerdaskan. Berikan penjelasan yang sesuai dengan kenyataan,'' kata Ahyani

Sekjen AMPHURI Jateng DIY, M Halim mengaku siap melaksanakan edukasi adanya kenaikan e-visa umrah di tahun ini kepada masyarakat. Kebijakan ini tergolong mendadak tanpa pemberitahuan dari Arab Saudi di saat musim umrah sudah berjalan. Adanya asuransi yang diberlakukan Arab Saudi ini, agar jemaah lebih nyaman. (Mr/tribun/foto:muslimtravelgirl)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store