:
:
News
Hindari Travel Bodong, Kemenag Aceh Imbau Masyarakat Gunakan Aplikasi Umrah Cerdas

gomuslim.co.id - Kasus penipuan yang dilakukan agen perjalanan umrah terhadap calon jemaah marak terjadi. Belum usai kasus penipuan yang dilakukan Travel, kini peristiwa yang sama juga terjadi di sejumlah daerah seperti Bayumas dan beberapa daerah lainnya.

Untuk menghindari kasus penipuan ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Aceh mengimbau masyarakat untuk menggunakan aplikasi 'Umrah Cerdas' untuk mengetahui travel yang sudah terdaftar di Kementerian Agama.

 

Baca juga:

Kemenag Kembangkan Aplikasi Android untuk Permudah Pelaporan Pelayanan

 

"Maka masyarakat diimbau untuk cerdas melihat mana travel umrah resmi atau tidak resmi melalui aplikasi Umrah Cerdas. Nanti tinggal ketik nama travel umrah di aplikasi itu, apabila travel itu mempunyai izin maka akan keluar keterangannya. Tapi, kalau tidak ada izin maka tidak ditemukan," kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Aceh, Samhudi.

 

Baca juga:

Mudahkan Pelayanan Calon Jemaah, Begini Keunggulan Aplikasi Umrah Cerdas

 

Menurutnya, hal lain yang harus diperhatikan oleh jemaah adalah standar pelayanan minimal untuk penerbangan hanya boleh dua kali transit atau jemaah jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh travel. Kemenag sudah menetapkan harga umrah minimal Rp 20 juta sudah mencakup dengan harga tiket, hotel bintang tiga dan lainnya.

"Apabila jemaah umrah menemukan hal-hal yang mencurigakan maka bisa juga membuat pengaduan di aplikasi Umrah Cerdas tersebut, atau melapor ke Kankemenag Kabupaten/Kota agar segera ditindaklanjuti," jelas Samhudi. (Mr/serambi)

Responsive image
Other Article
Responsive image