:
:
News
Ini Enam Amanat Menag dalam Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74

gomuslim.co.id - Kementerian Agama (Kemenag) memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-74, Jum’at (03/01/20). Peringatan digelar untuk mengormati jasa-jasa para perintis dan pendiri Kemenag. Salah satunya Menteri Agama pertama yaitu H. Mohammad Rasjidi yang dilantik pada 3 Januari 1946.

Kemenag mengusung tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” agar seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

 

Baca juga:

Peringati HAD, Pegawai Kemenag Kumpulkan Dana Bangun Lima Masjid

 

Menteri Agama RI Periode 2019-2024, Fachrul Razi secara khusus mengajak jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia memperhatikan 6 (enam) hal. Pertama, memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan, Ketiga, tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan.

"Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat. Kelima, rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan," tuturnya.

Dan keenam, implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Dalam peringatan ini, Menag mewakili kementerian yang dipimpinnya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh mitra kerja terutama DPR-RI dan DPD-RI, BPK, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Para Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia,  majelis-majelis agama, organisasi kemasyarakatan, lembaga dakwah, serta rekan-rekan media, atas dukungan dan kerjasamanya membantu kelancaran tugas dan program Kementerian Agama.  (Mr/rls)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store