:
:
News
Bahas Islam Berbangsa dan Bernegara, Islam Aslamiyah Inggris Kunjungi Tebuireng Jombang

gomuslim.co.id - Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Tebuireng menerima kunjungan Islam Aslamiyah asal Inggris. Pertemuan yang berlangsung dalam acara bertajuk "Academic Forum Between Unhasy and Aslamiyah Foundation The Growth Of Islam in Europe and Asia" ini membahas Islam dalam berbangsa dan bernegara. Acara  berlangsung di gedung rektorat Unhasy Tebuireng, Rabu (1/1/20).

Pertemuan ini membahas berkembangnya Islam di Indonesia melalui akulturasi budaya dengan nilai-nilai Islam. Sedangkan penyebaran Islam di Inggris melalui kegiatan charity dengan merangkul semua kalangan termasuk non-muslim.

Mif Rohim, Wakil Rektor III Unhasy mengatakan pertemuan ini merupakan lanjutan dari kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya. Ia menyebut pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama selanjutnya seperti pertukaran pelajar dan kerjasama syiar agama Islam.

"Tujuan Aslamiyah datang ke Indonesia, khususnya ke Unhasy sesuai mottonya yaitu love, care, dan harmony," katanya.
 

Baca juga:

Liga Muslim Dunia Gelar Dialog Tentang Islam Cinta Damai

 

Ia menambahkan, kedua institusi sepakat dakwah dengan gaya tasamuh, ishlahiyah dalam beragama dan berbangsa akan dapat meningkatkan populasi umat Islam sekaligus bisa menurunkan gerakan ekstrem serta bisa menyadarkan para pelaku ekstrem baik kanan maupun kiri.  Hal ini sejalan dengan ideologi Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari yang menggunkan manhaj at-tawasuthiyah (moderasi), islahiyah (akomodatif), dan manhajiyah (metodologis) sebagai benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).   

"Masuknya Islam di Asia khususnya di Indonesia, dengan berkembangnya Islam di Eropa khususnya di Inggris tempat Aslamiyah ternyata esensinya sama yaitu tidak melalui kekerasan. Mereka (Aslamiyah) melakukan pendekatan doktrin Thariqat Naqsabandiyah, ini tak jauh berbeda,” jelasnya 

Aslamiyah Foundation merupakan sebuah wadah bagi jamaah Thariqah Naqsabandyah termasuk Thariqah Mu'tabar yang banyak dilakukan para kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU). Sehingga dalam dakwah Islam ada banyak kesamaan dengan Unhasy dan Tebuireng. (Mr/nuonline)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store