:
:
News
Ketua Komisi Dakwah MUI: Hujan Adalah Rahmat, Kalau Jadi Bencana Umat Harus Introspeksi Diri

gomuslim.co.id – Hujan deras yang melanda beberapa wilayah Nusantara dan mengakibatkan beberapa titik mengalami banjir hingga mencapai 5 meter, membuat Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara. MUI mengingatkan umat Islam untuk introspeksi diri terkait bencana banjir yang kini menimpa.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan bahwa air hujan sebenarnya adalah karunia rezeki dari Allah. Akan tetpi katanya, bentuk bencana banjir merupakan teguran Allah kepada umatnya.

“Coba kita saling intropeksi diri. Hujan itu anugerah dan karunia dari Allah. Tapi kenapa dating bencana banjir. Pasti ada yang salah dengan kita. Seperti halnya banjir bandang yang terjadi pada zaman Nabi Nuh,” ujarnya, Rabu (1/1/2019).  

Ia meminta kepada semua umat Muslim untuk menyikapi keadaan ini dengan muhasabah atas berbagai bentuk maksiat yang dilakukan kepada Allah. Muhasabah berikutnya yaitu terhadap kondisi alam yang manusia rusak dan persoalan tata kota. 

 

Baca juga:

DMI Persilahkan Masjid Jadi Tempat Berlindung Korban Bencana Banjir

 

"Tata letak dan tata kota itu menjadi perhatian kita. Karena Allah SWT sudah memberikan hukum kausalitas di mana ada air yang tidak diberikan saluran maka air akan menjadi mampet dan banjir," jelasnya. 

Menurutnya, hujan pada dasarnya adalah rahmat tetapi ketika manusia salah mengelolanya, maka akan menjadi azab atau siksa atau petaka bagi manusia itu sendiri.  

"Mari kita muhasabah, pertama muhasabah karena kita dosa kepada Allah, kedua muhasabah terhadap kelestarian alam kita, ketiga, berdoa kepada Allah bahwa Allah yang Maha Tahu, Maha Bijaksana, Allah mampu mengubah dengan Kekuasaan-Nya," ucap dia. 

Seperti diketahui, hujan deras mengguyur beberapa daerah, baik di Ibukota Jakarta dan sekitaranya serta daerah lain. Di Jakarta, hujan lebat turun dalam durasi yang lama, mulai saat memasuki pergantian tahun baru, dini hari, hingga pagi harinya.  (hmz/republika)

 

Baca juga:

Respon Cepat, BAZIS DKI Buka Posko Banjir di Lima Titik Jakarta

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store