:
:
News
Ini Koperasi Syariah Pertama di Kabupaten Riau

gomuslim.co.id - Pasca disahkannya peraturan daerah tentang koperasi syariah oleh DPRD Kabupaten Siak, Pemkab Siak berkomitmen untuk menjalankan lembaga-lembaga keuangan syariah, salah satunya dengan membentuk koperasi syariah.

Koperasi Syariah Rimba Mutiara Banso (RMB) diresmikan oleh Bupati Siak, Alfedri di Kuala Gasib Kecamatan Koto Gasib, Sabtu (28/12) pekan lalu.

 

Baca juga:

DSN MUI Segera Umumkan Fatwa Skema Lembaga Keuangan Syariah

 

“Dengan telah dibentuknya program koperasi syariah, Kabupaten Siak menjadi kabupaten pertama yang menerapkan program ini di Riau, kita bersyukur sudah ada koperasi syariah di Kabupatan Siak,” ujarnya

Menurutnya, dari 198 koperasi yang aktif di Kabupaten Siak baru ada 50 koperasi yang sudah mengikuti pelatihan dan ingin hijrah dari koperasi konvesional ke koperasi syariah. Selain itu, sudah ada 16 orang calon anggota dewan pengawas syariah (DPS) yang lulus ujian sertifikasi.

 

Baca juga:

Pemprov Jabar Gelar Pameran Produk Unggulan Pesantren ‘OPOP’ Pekan Ini

 

Alfedri berharap semua koperasi di Kabupaten Siak segera pindah dari pola konvensional menjadi pola syariah. Sehingga praktek-praktek di lembaga keuangan bisa terhindar dari riba yang diharamkan dalam agama Islam.

Lebih lanjut, Wan Fajri Auli, Kadis Koperasi UMKM Kabupaten Siak mengatakan, pemindahan perilaku dari koperasi konvensional menjadi koperasi syariah merupakan pola yang bagus untuk pengembangan koperasi syariah ke depannya. Dirinya berharap Koperasi Syariah Rimba Mutiara Banso (RMB) bisa menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi yang ada untuk bergerak ke arah syariah. (Mr/riaupos)

Responsive image
Other Article
Responsive image