:
:
News
Kereta Cepat Haramain Tingkatkan Kecepatan Hingga 300 KM Per Jam

gomuslim.co.id - Kereta Api Berkecepatan Tinggi Haramain Arab Saudi mulai meningkatkan kecepatan kereta api menjadi 300 kilometer per jam (kph) untuk perjalanan pulang pergi dari Jeddah, Makkah ke Madinah.

Manajemen proyek mengatakan perjalanan antara stasiun King Abdullah Economic City dan Madinah akan mencapai kecepatan tertinggi. Dengan kecepatan baru ini, waktu perjalanan antara Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah dan Madinah sekitar dua jam. Sementara waktu tempuh antara Makkah dan Madinah sekitar dua jam 45 menit.

Kereta api ini merupakan salah satu alat transportasi paling modern dan tercepat di Timur Tengah.

Semua stasiun termasuk fasilitas seperti lounge untuk pelancong kelas bisnis, pusat transportasi umum, lokasi pendaratan helikopter, tempat parkir, stasiun Pertahanan Sipil, masjid dan ruang komersial untuk memenuhi persyaratan pelancong.

 

Baca juga:

Kereta Haramain Lanjutkan Perjalanan Rute Madinah-Makkah

 

“Ini adalah kereta listrik berkecepatan tinggi pertama di wilayah ini dan membentang lebih dari 450 km, menghubungkan lima stasiun melintasi Makkah, Jeddah, Bandara Internasional Raja Abdulaziz, Kota Ekonomi Raja Abdullah dan Madinah,” demikian seperti dilansir dari publikasi Saudi Press Agency, Kamis (02/01/2020).

Kereta api ini diresmikan oleh Raja Salman pada September 2018 lalu. Kereta ini sejalan dengan tujuan rencana reformasi untuk meningkatkan jumlah peziarah dan pengunjung ke tempat-tempat suci Kerajaan. Pejabat menggambarkannya sebagai proyek transportasi terbesar dari jenisnya di wilayah ini.

Sebelumnya, Badan Pers Saudi mengabarkan bahwa Kereta Cepat Haramain akan beroperasi selama sebanyak 16 layanan setiap harinya selama liburan pertengahan akademik. Liburan akan berlangsung pada 3 Januari hingga 19 Januari 2020. Layanan non-stop kereta cepat akan dimulai dari pukul 08.00 pagi waktu setempat. (jms/spa)

 

Baca juga:

Lusa, Layanan Kereta Cepat Haramain Saudi Kembali Dibuka

Responsive image
Other Article
Responsive image