:
:
News
1500 Pemuda Muslim Inggris Bersihkan Jalanan Usai Perayaan Tahun Baru

gomuslim.co.id – Dakwah Islam lewat tindakan semakin menjadi tren di Negeri Ratu Elizabeth. Para pemuda Muslim di seluruh Inggris bangun lebih pagi untuk membersihkan jalan-jalan setelah perayaan Tahun Baru, Rabu (01/01/2020).

Imam Qamar Ahmed Zafar, dari Asosiasi Pemuda Muslim Ahmadiyah (AMYA) mengatakan bahwa banyak orang keluar untuk merayakan malam tahun baru. Setelah perayaan berakhir, Zafar bersama teman-temannya berkumpul dan pergi untuk membersihkan jalan-jalan kota.

“(Aksi) ini tidak hanya untuk menjaga kebersihan lingkungan kita, tetapi juga dilakukan untuk mengingatkan pemuda Muslim tentang tugas yang harus mereka layani untuk Negara,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Metro, Kamis (02/01/2020).

Lebih dari itu, sambung dia, aksi bersih-bersih jalan ini juga dilakukan untuk menanamkan perubahan gaya hidup pada kaum muda. “Kita menerima begitu saja jumlah makanan dan plastik yang terbuang, dan peristiwa semacam itu adalah pengingat bagaimana konsumsi saat ini menghancurkan planet kita," katanya.

Setelah salat subuh pada hari Rabu pagi, sekitar 1500 pemuda Muslim mengenakan jaket dan mengumpulkan ratusan kantong sampah. Inisiatif mereka dipimpin di berbagai kota di Inggris mulai dari London, Edinburgh, Glasgow, hingga Walsall, Manchester, dan Cardiff.


Baca juga:

Restoran Milik Warga Muslim di Inggris Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma di Hari Natal


Upaya Muslim

Meskipun Muslim biasanya tidak berpartisipasi dalam perayaan tahun baru, tetapi mereka biasa memberikan bantuan kepada yang membutuhkan selama musim perayaan.

Pekan lalu, sekelompok pemuda Muslim juga bekerja sama untuk mengirimkan 10.000 makanan kepada orang-orang yang tertidur sebelum 31 Desember. Pemuda Muslim ini bersumpah untuk melakukan aksi bersih-bersih setelah pesta Tahun Baru.

Sebelumnya, sekelompok sukarelawan Muslim dari Lancashire Council of Mosques (LCM) melakukan kunjungan khusus ke pasien di Rumah Sakit Blackburn Royal. Mereka berbagi kebahagiaan sebelum musim liburan tiba.

Masjid tertua Inggris juga membuka pintunya pada hari Rabu, 25 Desember 2019. Masjid ini menampung orang-orang miskin, tunawisma, kesepian, dan lanjut usia untuk makan siang saat perayaan Natal. (jms/metro)

 

Baca juga:

Muslim Blackburn Berbagi Hadiah untuk Pasien Rumah Sakit Jelang Libur Natal

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store