:
:
News
Rumah Sehat Baznas Siap Layani 1,2 Juta Pasien di Seluruh Indonesia

gomuslim.co.id – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) membangun Rumah Sehat Baznas (RSB). Baznas menargetkan, dalam lima tahun RSB yang berjumlah enam unit dapat melayani 1,2 juta pasien di seluruh Indonesia. 

Kepala Divisi Pendistribusian Baznas Ahmad Fikri mengatakan, dengan tingginya permintaan terkait RSB, maka Baznas pada tahun depan akan membangun dua unit RSB baru.

“Enam unit RSB diantaranya, di Jakarta, Jogjakarta, Sidoarjo, Pangkalpinang, Makassar, dan Parigi Moutong,” ungkap Ahmad Fikri dalam keterangan tertulis yang diterima pada Selasa (31/12/2019).

Ia mengaku, pada 2019 saja, layanan di enam RSB mencapai 287.165 jiwa. Jika dikonversi ke uang, setara Rp 15,2 miliar. Katanya, pasien RSB membutuhkan pelayanan jangka panjang, menggunakan sistem member atau keanggotaan. Meskipun begitu jika ada pasien baru yang datang langsung berobat juga tetap dilayani secara cuma-cuma.

“Layanan kesehatan di RSB gratis. Istilah kami adalah RS tanpa kasir,” jelasnya.

 

Baca juga:

Tutup Akhir Tahun, Jamkrindo Melalui Baznas Berdayakan Mustahik Pengusaha

 

Dia menggatakan tahun depan Baznas mengalokasikan anggaran sekitar Rp 31 miliar untuk biaya operasional RSB. Termasuk juga untuk dua unit RSB baru yang diperkirakan mulai beroperasi akhir 2020. Dia berharap keberadaan RSB itu benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Tahun depan ada sejumlah program baru yang disiapkan. Diantaranya adalah ikut berkontribusi menekan angka stunting. Caranya dengan memperbanyak kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Kita kedepankan promotif dan preventif,” katanya.

Untuk diketahui, selama ini kegiatan banyak di bidang kuratif atau pengobatan. Fikri menjelaskan kegiatan RSB akan digelar di dalam gedung maupun di luar gedung rumah sakit. Baznas juga terbuka kepada pihak manapun yang siap bekerjasama mendirikan RSB. Baik itu swasta maupun pemerintah daerah. Dia mencontohkan RSB di Berau dan Papua itu kerjasama dengan Pemda. Skemanya adalah Pemda menyiapkan lahannya. (hmz/baznas)

 

Baca juga:

BAZNAS Pusat Himpun Pencapaian Zakat 2019, Tembus Target 103,5 Persen

Responsive image
Other Article
Responsive image