:
:
News
IMSA 2019 dan Semangat Diaspora Indonesia untuk Membangun Negeri

gomuslim.co.id - Lebih dari seribu diaspora Indonesia dari berbagai Negara Bagian di Amerika Serikat berkumpul di Hilton Chicago Oak Brook Hills Resort, Illinois untuk mengikuti Muktamar Indonesian Muslim Society in America (IMSA) 2019. Acara tahunan yang sudah diadakan selama 21 kali ini berlangsung pada 24 sampai 29 Desember 2019. (Selasa, 31/12)

Suasana bahagia dan khidmat tampak bergelora di antara warga Indonesia yang merindukan atmosfir kampung halaman. Berbagai rangkaian acara yang sudah dirancang oleh panitia dengan tema “Hijrah: Transforming Oneself in Challenging Times”, para peserta mengikuti jalannya acara dengan penuh semangat.

 

Baca juga:

IMSA Puji Muslim Indonesia yang Mampu Bentuk Wajah Baru Amerika

 

Selain itu, cinta dan sumbangsih para peserta pada negara Indonesia terealisasikan dengan semangat berdonasi ke kampung halaman. Kehadiran Dompet Dhuafa cabang Amerika Serikat (USA) pada perhelatan akbar tersebut menjadi media dan perpanjangan tangan bagi diaspora Indonesia untuk berkontribusi bagi Tanah Air.

Berbagai program Dompet Dhuafa USA Inc.  yang direalisasikan di Indonesia seperti program orang tua asuh, penyaluran zakat dan kurban, dan lainnya menarik minat para donator diaspora Indonesia di Amerika. Selain itu, program-program di negara lain seperti Dapur Umum di Jalur Gaza, Palestina, dan program yang direalisasikan di Amerika Serikat sendiri menambah semangat para peserta untuk berdonasi, baik untuk Indonesia, maupun penerima manfaat di negara lain yang membutuhkan.

“Banyak peserta yang datang dan menemui kita, rasa senang karena ada lembaga yang bisa menyalurkan donasi mereka tidak hanya ke Tanah Air, tapi juga ke negara lain yang membutuhkan. Juga direalisasikan dengan berbagai program di Amerika Serikat sendiri,” ujar Irwan Saputra, Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa USA Inc.

 

Baca juga:

Hidupkan Kembali Semangat Islam, Muslim Amerika Utara Gelar Konvensi Tahunan Pekan Ini

 

Keberadaan Dompet Dhuafa USA Inc. sebagai satu-satunya lembaga amil zakat asal Indonesia yang telah memiliki badan hukum organisasi non-profit resmi di Amerika Serikat, atau 501(C)(3) menjadi kelebihan tersendiri bagi para donator. Artinya, donasi yang dilakukan oleh para donator dengan tujuan apapun, akan mendapatkan tax-deductible receipt atau resi yang dapat digunakan untuk pengurangan pajak. Hal ini sangat substantif bagi masyarakat yang tinggal di Amerika Serikat yang pada umumnya taat dalam laporan dan pembayaran pajak tahunan.

“Selain untuk beramal, masyarakat juga peduli dengan tax-deductible receipt karena mereka di sini adalah warga yang taat dalam membayar pajak. Semoga Dompet Dhuafa USA dapat menjadi badan pengelola donasi yang amanah dan bermanfaat bagi para donor dan penerima manfaat,” pungkas Irwan. (Mr/rls)

Responsive image
Other Article
Responsive image