:
:
News
Pemerintah Aceh Akan Luncurkan Logo Wisata Halal Aceh 2019

gomuslim.co.id - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan meluncurkan Brand Wisata Halal Aceh 2019 dan Anugerah Wisata Halal Aceh 2019. Peluncuran ini rencananya akan dilakukan pada Jumat, (06/12/2019) mendatang di Hotel Hermes Banda Aceh.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin menjelaskan, bahwa peluncuran Brand Wisata Halal Aceh ini sebagai upaya meningkatkan promosi sektor pariwisata dalam mendongkrat jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi ini. Selain itu, kata dia, juga sebagai upaya menjadi alat untuk komunikasi sehingga wisata halal ini dapat berjalan di seluruh kawasan Aceh.

“Kita akan terus berupaya meningkatkan pariwisata Aceh baik itu dari segi informasi, komunikasi, dan produk halal bersertifikat. Sebab Aceh menempati posisi kedua sebagai tempat wisata halal se Indonesia,” kata Jamal.

 

Baca juga:

Inilah Potensi Aceh Sebagai Destinasi Wisata Halal Indonesia

 

Apalagi, kata dia, Aceh telah ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Halal di Tanah Air. “Oleh karena itu, Disbudpar Aceh terus bergerak dan mensosialisasikan kepada semua pihak sehingga Aceh dapat menjadi tujuan wisata muslim dunia.

“Kita telah membentuk Tim Percepatan Wisata halal Aceh yang bertujuan meningkatkan pemahaman kepada seluruh pelaku usaha dan juga masyarakat di kawasan objek wisata agar dapat memahami dengan baik terhadap yang dimaksud dengan wisata halal,” ujarnya.

Menurut dia, peluncuran brand wisata halal dan anugerah wisata halal Aceh 2019 ini bagian untuk merangsang para pelaku usaha dan semua pemangku kepentingan yang bergerak dibidang pariwisata, agar dapat menyukseskan program tersebut terutama mensertifikasi halal kegiatan usahanya.

“Ini juga bagian mengajak para pelaku usaha yang mendukung kegiatan usaha dapat mensertifikasi halal usahanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Jamal, mensertifikasi halal usahanya itu sangat penting karena Aceh merupakan mayoritas muslim, namun para tamu perlu adanya pengakuan secara jelas dengan adanya sertifikasi halal tersebut.

“Dengan Destinasi Wisata Halal yang disandang oleh provinsi Aceh, Pemerintah Aceh harus berupaya secara maksimal untuk meningkatkan sarana pendukung dan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat guna mewujudkan Aceh sebagai salah satu tujuan utama pelancong muslim dunia,” papar dia.

Jamal menambahkan, dengan adanya Brand Wisata Halal Aceh, nantinya akan membuat Aceh lebih dikenal di negara-negara muslim di dunia dan dapat menjadi destinasi wisata halal terbaik. “Untuk saat ini kita memfokuskan dulu untuk wisata di kota Banda Aceh, setelah itu nantinya setiap kabupaten/kota akan kita bentuk untuk jalannya wisata halal ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Aceh, Iskandar Madjid mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan pelaku usaha pariwisata terkait yang dimaksud wisata halal.

“Sertifikasi halal ini sangat diperlukan oleh wisatawan muslim, karena mereka akan merasa aman dan nyaman serta terjamin ibadah serta makanannya saat berada di lokasi wisata,” kata dia.

Apalagi, kata Iskandar, saat ini jumlah wisatawan muslim yang berkunjung ke Aceh semakin meningkat. Untuk itu, peluncuran logo halal ini harus dipercepat. “Sebelumnya, kita melakukan sosialisasi kepada para pebisnis dan hal ini disambut dengan baik. Untuk mewujudkan wisata Aceh halal ini kita akan membuat kategori Hotel Halal, restoran hotel halal, souvernir halal, travel halal, penggiat wisata halal, bandara halal, dan kuliner halal,” paparnya. (nov/dbs/gatra)

 

 


Baca juga:

Kaya Wisata Alam dan Budaya, Inilah Ragam Destinasi di Kabupaten Bener Meriah Aceh

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store