:
:
News
Kemenag Upayakan Peningkatan Kualitas Manasik Haji Tahun 2020

gomuslim.co.id - Peningkatan kualitas ibadah atau manasik bagi jemaah haji menjadi salah satu prioritas pemerintah Indonesia. Kementerian Agama bertekad untuk memberikan layanan manasik terbaik bagi jemaah pada 2020 mendatang.

Hal demikian ditegaskan Plh Dirjen PHU Maman Saifullah saat membuka Sosialisasi Program Peningkatan Kualitas Manasik Haji Tahun 1441H/2020M. Acara ini diikuti 107 peserta, terdiri atas para Kabid dan Kasi Pembinaan Haji dan Umrah pada Kanwil Kemenag provinsi se-Indonesia, praktisi penyelenggaraan haji, serta utusan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah.

"Jemaah berhak mendapatkan bimbingan manasik haji sejak di tanah air, dalam perjalanan, dan selama di Arab Saudi. Jadi, nanti bimbingan ibadah kepada jemaah tidak hanya di tanah air, tetapi mulai dari asrama haji, kemudian selama di perjalanan bahkan di sektor-sektor ada bimbingan dan disiapkan pembimbingnya," ujarnya di Jakarta, Rabu, (04/12/2019).

 

Baca juga:

Hasil Survei Balitbang Diklat Kemenag: Indeks Kepuasan Pelayanan Haji Indonesia pada 2019 Terkategori Sangat Memuaskan

 

Maman mengaku pihaknya sudah menginventarisir sejumlah persoalan manasik haji jemaah. Hal itu dijadikan bahan evaluasi sekaligus penguatan program manasik. Persoalan yang terodentifikasi cukup beragam, mulai dari praktik thawaf dan sai, hingga wukuf dan jamarat.

"Permasalahan yang sudah teridentifikasi ini perlu dibenahi baik secara kolektif ataupun personalnya nanti seorang jamaah harus mengetahui dan menguasai pengetahuan dasar mengenai ibadah haji sendiri," tandasnya.

Sosialisasi ini akan berlangsung tiga hari, hingga 6 Desember 2019. Hasil sosialisasi diharapkan bisa segera diimplementasikan dalam pelaksanaan bimbimgan manasik, baik di KUA maupun Kankemenag Kab/Kota. (jms/kemenag)

 

 

Baca juga:

Kemenag Usulkan Biaya Haji 2020 Jadi Rp 35 Juta

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store