:
:
News
Pemandian Kuno Berusia 430 Tahun Warisan Ottoman Dijual Seharga 2,5 Juta Dolar

gomuslim.co.id – Sebuah pemandian berusia 430 tahun yang dibangun oleh arsitek besar Utsmani Mimar Sinan telah dijual oleh pemiliknya dengan harga $ 2,5 juta. Berlokasi di distrik Eminönü, Istanbul, Ayakapi Hamam bersejarah dibangun pada tahun 1582 atas perintah ibu Sultan Murad III, Nurbanu Sultan.

Pemandian yang merupakan satu dari beberapa karya Mimar Sinan yang masih hidup ini sekarang dalam kondisi rusak. Bangunannya hampir runtuh setelah bertahun-tahun terbengkalai. Pemandian itu digunakan sebagai gudang kayu selama bertahun-tahun dan sekarang digunakan sebagai bengkel perbaikan darurat.

“Mendengar bangunan bersejarah itu dijual, warga mendesak pemilik dan pemerintah untuk bekerja sama mengembalikan pemandian ke kejayaannya dan mempertahankannya sebagai landmark bersejarah,” demikian seperti dilansir dari publikasi Daily Sabah, Rabu (04/12/2019).

 

Baca juga:

Segera Dibuka, Masjid Turki Ini Bakal Jadi yang Terbesar di Afrika Timur

 

Pemandian ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat sehari-hari dan budaya Turki selama berabad-abad. Karena itu, bangunan ini mendapat julukan "pemandian Turki" di luar negeri.

Secara historis, pemandian tidak hanya tempat untuk mandi dan bersantai, tetapi juga sebagai pusat bagi orang-orang untuk bersosialisasi. Namun, lebih sedikit orang mengunjungi pemandian di Turki hari ini, karena mandi di rumah adalah norma modern dan spa kontemporer semakin populer sebagai sarana relaksasi.

Pemandian bekas yang paling terkenal di Turki adalah di Istanbul dan provinsi barat Bursa, yang dulunya adalah ibukota Ottoman. (jms/dailysabah)

 

 

Baca juga:

Undang Erdogan sebagai Tamu Kehormatan, Masjid Cambridge Inggris Siap Diresmikan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store