:
:
News
Kemenag Usulkan Biaya Haji 2020 Jadi Rp 35 Juta

gomuslim.co.id – Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Razi mengusulkan biaya haji 2020 menjadi Rp. 35.235.602. Hal itu disampaikan Fachrul dalam rapat Bersama Anggota Dewan Komisi VIII DPR RI di komplek Parlemen, Senayan Jakarta.

Fachrul mengatakan biaya haji tahun depan tidak berbeda jauh dengan 2019. Meskipun ada kenaikan pada biaya pesawat dan biaya visa.

"Pemerintah mengusulkan rata-rata besaran BPIH 1441 H sebesar 35.235.602 rupiah. Meskipun secara rata-rata besaran BPIH 1441 H sebesar Rp 35 juta sama dengan rata-rata besaran BPIH tahun 1440 H. Namun sejatinya dalam komponen itu terjadi kenaikan biaya yaitu penerbangan dan visa, tapi biaya visa jadi catatan mudah-mudahan tidak jadi," kata Fahrul, Kamis (28/11/2019).

Ia mengungkapkan, hingga kini masih melakukan lobi terkait biaya visa dengan pihak Arab Saudi. Dia berharap nantinya biaya itu ditiadakan bagi jemaah haji.

 

Baca juga:

Persiapan Haji 2020, Kemenag Siapkan Bimbingan Manasik Jemaah Haji Disabilitas dan Lansia

 

"(Biaya visa) tapi masih akan kita masih negosiasi dengan pemerintah Arab Saudi kemarin saya kembali sampaikan dubes. Mudah-mudahan nanti pada saat kami ketemu di Saudi Arabia itu bisa direalisasi kalau bisa berarti biaya ini akan hilang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto mengaku pihaknya akan membentuk panitia kerja (panja) ibadah haji. Pembahasan soal biaya akan dilanjutkan dalam panja tersebut.

"Komisi VIII telah mendpatkan penjelasan dari menteri agama mengenai kebijakan pelaksaan haji dan usulan biaya ibadah haji tahun 1441 H sebagai bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat panja biaya ibadah haji," pungkasnya. (hmz/kemenag/dbs/foto:rep)

 

Baca juga:

Kemenag Berangkatkan 30 Santri Penerima Beasiswa ke Al-Azhar Mesir

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store