:
:
News
Masjid Ali Pasha Turki Kembali Dibuka Usai Direstorasi

gomuslim.co.id - Turki telah menyelesaikan pekerjaan restorasi di Masjid Ali Pasha abad ke-16 yang bersejarah di Ohrid, Makedonia Utara. Menurut pejabat setempat masjid itu akan dibuka kembali untuk salat pada Kamis, (28/11/2019).

Dikutip dari Daily Sabah, Kamis, (28/11/2019), Direktorat Jenderal Yayasan Turki memulai restorasi masjid yang dibangun pada 1573 ini sejak 22 Maret 2017 lalu. Awalnya pembangunan hanya berfokus pada menara masjid yang berusia 107 tahun.

Ketua direktorat, Adnan Ertem mengatakan proyek restorasi dimulai setelah protokol ditandatangani antara direktorat dan Ketua Uni Islam Makedonia Utara pada 1 April 2015. Ertem menambahkan bahwa pekerjaan restorasi telah dilakukan sesuai dengan desain asli masjid, berkat dokumen yang disediakan oleh Konservasi Ohrid dari Institut dan Museum Warisan Budaya.

 

Baca juga:

Pemerintah Saudi Perluas Masjid Al-Qiblatain di Madinah

 

Masjid bersejarah itu terletak di dalam Bazaar Tua Ohrid yang populer. Itu dibangun di atas perintah Sulejman Pasha. Ia kemudian dinamai Wazawa Beograd Ali Pasha, yang memulihkannya pada tahun 1823.

Bangunan itu awalnya terdiri dari dinding-dinding batu dan sebuah kubah yang dibangun di atas struktur persegi sementara area sholat tiga kubah kemudian ditambahkan ke masjid. (waf/dailysabah)

 

 

Baca juga:

Masjid Persahabatan Indonesia dan Turkistan Timur Resmi Dibangun di Lampung

Responsive image
Other Article
Responsive image