:
:
News
Ajak Perusahaan Melantai di Bursa, MES dan BEI Gelar Sharia Business Forum

gomuslim.co.id – Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan Sharia Business Forum di New York Room, Hotel Sensa Kota Bandung, Rabu, (27/11/2019). Bertajuk “Growth Up Your Business with Initial Public Offering” kegiatan ini dihadiri kurang lebih 81 pimpinan perusahaan dari kota Bandung dan dari luar kota Bandung.

Kegiatan perdana di Indonesia ini bertujuan mengajak para pelaku usaha yang belum listing di pasar modal untuk mengembangkan atau ekspansi usahanya melalui Intial Public Offering di Pasar Modal Syariah Indoneisa. Kota Bandung menjadi kota yang pertama di laksanakan dalam rangkaian acara Roadshow Sharia Business Forum di beberapa kota di Indonesia.

Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah, Firdaus Djaelani  mengatakan MES selalu berupaya untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah dari berbagai lini seperti Bank, Penjaminan, Multifinance, Asuransi dan Pasar Modal Syariah.

MES, kata dia, sudah bekerja sama dengan bursa efek indonesia selama kurang lebih 7 tahun. MES dan BEI berkomitmen untuk meningkatkan dalam litrasi dan inklusi keuangan syariah khususnya pasar modal syariah.

“MES dan BEI saat ini untuk pertama kalinya berupaya untuk meningkatkan keuangan syariah dengan mangajak pengusaha-pengusaha dan pemilik perusahaan untuk segera listing di bursa," ujarnya.

 

Baca juga:

Pelantikan MPP Ka-FoSSEI Bahas Inovasi Pengembangan Ekonomi Islam

 

Firdaus menambahkan Initial Public Offering memiliki banyak sekali keuntungan bagi pelaku usaha untk mengembangakan usahanya yang juga tentunya akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Menurutnya, jumlah angka pengusaha dan perusahaan tahun ketahun terus bertumbuh. Hanya saja masih banyak perusahaan yang belum bisa berkembang di karenakan beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah keterbatasan modal usaha. Padahal banyak perusahaan yang berpotensi untuk ekspansi yang bisa membuka banyak lapangan kerja dan memperbaiki kondisi perekonomian di Indoensia.

“Maka dari itu MES dan Bursa Efek Indonesia bekerja sama untuk memberikan sosialisasi mengenai mekanisme  prosedur untuk listing di pasar modal, apa saja benefit dari IPO di pasar modal syariah,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber, Arief Machfoed selaku Kepala bagian pengembangan kebijakan pasar modal syariah OJK, Prof. Dr. H. Nurul Huda selaku Pengurus Pusat MES dan Achmad Dirgantara selaku Head of IDX Incubator West Java. Diskusi kali ini dimoderatori oleh Yunan Akbar selaku Manager sharia product development.

Melalui kegiatan ini diharapkan, mampu mendorong perusahaan-perusahaan melakukan listing di bursa efek Indonesia yang tentunya akan semakin menambah jumlah emiten di pasar modal syariah Indonesia. (jms/mes)

 

 

Baca juga:

Wapres RI: Masa Depan Ekonomi dan Keuangan Islam dalam Kerangka Revolusi Digital Makin Pesat

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store