:
:
News
Pemuda OKI Bahas Empat Sektor Ini di Islamic Young Leader Summit 2019

gomuslim.co.id – Perhelatan Islamic Young Leader Summit 2019, Islamic Finance Expo, dan Model OIC Diplomatic Simulation Meeting telah menuntaskan drafting resolusi di empat counsil dan sukses menggelar sidang paripurna Islamic Finance. Malamnya, ditutup dengan Clossing Dinner yang dilaksanakan di Bandar Djakarta, Ancol, Jakarta Utara pada Senin, (25/11/2019).

President OIC Youth Of Indonesia, Syafii Efendi mengatakan dalam Forum Islamic Young Leader Summit 2019 sukses menghadirkan delegasi pemuda Islam dari 56 negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI).

“Alhamdulillah kita telah berhasil mengumpulkan 56 delegasi negara Islam Dunia yang tergabung dalam OIC. Selama 4 hari mereka sudah di Jakarta. Dari perhelatan ini, kita juga telah menunjukan kepada Dunia bahwa kita telah mampu menjadi tuan rumah dengan baik,” ungkap Syafii kepada gomuslim.

“Selain itu kita juga dapat menunjukan bahwa kita sebagai pusat peradaban yang baik agar nantinya Indonesia dapat dikenal dengan Islam yang damai. Sudah saatnya Indonesia produktif dan membangun kolaborasi keluar,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, point yang dihasilkan pada perhelatan tersebut adalah focus membahas tentang kemerdekaan Palestina. Selain itu, katanya, Ia menekankan kepada seluruh negara muslim dunia untuk bersatu mempertahankan persatuan Islam dalam Akhlaqul Karimah.

 

Baca juga:

OKI Sebut Al Quds Akan Tetap Jadi Ibukota Palestina

 

“Kita mengikuti kata Bung Karno bahwa kita harus membela Palestina hingga titik darah penghabisan. Kita juga mengimbau kepada seluruh negara muslim dunia untuk bersatu agar kita tidak mudah dipecah belah dan tidak terjadi konflik antar internal negara. Dengan jumlah pemuda muslim yang banyak ini, sudah saatnya kita membentuk barisan perkuat Islam. Sudah saatnya Islam ambil peran Dunia,” tegasnya.

Ia meyakini bahwa OKI akan menjadi pioneer persatuan pemuda muslim dunia. Ia berharap pemuda muslim dari negara Islam dunia mampu menjadi pusat Imperium kekuatan dan peradaban Islam di Dunia.

Kiri menggunakan Jas, President OIC Youth Of Indonesia, Syafii Efendi sedangkan Kanan Menggunakan Baju Putih Chairman Indonesian National Youth Council, Tantan Taufiq Lubis

 

Sementara itu, Chairman Indonesian National Youth Council, Tantan Taufiq Lubis mengatakan Islamic Young Leader Summit 2019 telah membahas 4 sektor yaitu Council of foreign minister, Council youth and sport, Council Economic Social, Council Healthy Minister.

Ia mengungkapkan point yang di focuskan pada Council of foreign minister, dimana pemuda disatukan dalam Ummah untuk melakukan advokasi terhadap isu yang telah menjadikan umat Islam korban dari konspirasi global.

“Seperti contohnya Palestina, Uighur, Rohingya dan isu-isu Islam lainnya di berbagai belahan dunia yang memang menjadi konsen kita pada hari ini,” kata Tolub sapaan akrab Taufik Lubis.

Selain itu, ia membahas tentang Islah, dimana pemuda muslim dapat mendorong proses perdamaian antar kekuatan umat islam Dunia. “Beberapa negara Islam justru ada yang sedang berseteru, contohnya  Saudi Arabia dan Qatar yang hingga saat ini memiliki ketegangan. Nah, kita ingin OKI mampu mendorong perdamaian itu. Membahas tentang perdamaian Dunia,” tegasnya.

Kemudian, Council youth and sport dimana OKI mendorong pemuda muslim di program olah raga, dimana menciptakan atlit-atlit muslim untuk level Internasional. Lalu Council Healty Minister membahas tentang kondisi penyakit di beberpa Negara yang terbilang menular, dalam sector ini, OKI menekankan pemuda muslim untuk menjaga diri agar tidak mudah terjangkit penyakit menular.

 Council Economic Social, di mana pentingnya perekonomian umat yang dibangun oleh pemuda muslim. Dimana katanya, pemuda harus memiliki basis ekonomi Islam dengan memulai kegiatan kewirausahaan (entrepreneurship).

“Bicara Enterpreneur atau berdagang itu, sudah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Nah sudah saatnya saat ini pemuda Islam dunia melakukan hal yang sama. OKI sendiri sudah dari tahun lalu melakukan kegiatan starup diberbagai sector dunia, baik itu IT Starup dan sebagainya. Ini akan menjadi sebuah Gerakan kebangkitan perekonomian Islam yang sesungguhnya,” pungkas Taufik Lubis.

Sebelumnya, perhelatan Islamic Young Leader Summit 2019, Islamic Finance Expo, dan Model OIC Diplomatic Simulation Meeting dilaksanakan di Gedung Nusantara V, Gedung DPR MRP RI, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, sejak Sabtu (23/11) sampai Senin (25/11). (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Ratusan Tokoh dari 28 Negara Akan Hadiri World Zakat Forum 2019

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store