:
:
News
BPJPH: Produk Sertifikasi Halal Asing Boleh Masuk Ke Indonesia, Tapi dengan Syarat Tertentu

gomuslim.co.id - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) tegas memperbolehkan produk sertifikasi halal dari negara lain yang masuk ke Indonesia.

Kepala BPJPH, Sukoso mengatakan produk tersebut tetap harus memenuhi sejumlah syarat yang diajukan BPJPH. Katanya, saat ini BPJPH telah menyiapkan sejumlah syarat untuk dipenuhi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) asing. 

"Sudah banyak progres dengan Amerika Serikat (AS), Australia, Selandia Baru, Uni Eropa, dan negara Amerika Latin," ujar Kepala BPJPH Sukoso dalam keterangan tertulis pada Senin (25/11/2019).

Menurutnya, sejumlah syarat yang disampaikan Sukoso agar sertifikasi halal negara asal dapat diterima. Antara lain berkaitan dengan struktur organisasi dan daftar lembaga syariah atau ulama.

Ia menuturkan, sertifikasi halal akan dipenuhi oleh negara tersebut. Hal itu melihat potensi pasar Indonesia terkait produk halal yang besar. Selain itu, negara yang mengajukan sertifikasi halal juga perlu mencantumkan daftar auditor. Auditor yang terdaftar juga mencantumkan curriculum vitaenya.

 

Baca juga:

Kepala BPJPH: Kewajiban Produk Halal Untungkan Investor 

 

"Masa tidak suka dengan potensi pasar muslim Indonesia yang terbesar di dunia," terang Sukoso.

Kemudian, ia mengungkapkan, syarat berikutnya mencantumkan ruang lingkup objek inspeksi produk halal. Pengakuan dari pemerintah atas LPH juga menjadi syarat keberterimaan sertifikasi halal.

Ada pula sejumlah bukti yang harus disampaikan oleh LPH. Antara lain bukti dari pemerintah sebagai institusi islam, bukti pengalaman sebagai LPH yang bekerja sama dengan sejumlah negara, dan bukti sertifikat halal yang dikeluarkan yang masih berlaku.

LPH asing yang ingin mendaftarkan keberterimaan juga perlu menyampaikan bukti akreditasi pemenuhan standar ISO 17065 terkait lembaga pelaksana sertifikasi dan ketentuan syariah.

Terakhir berkaitan dengan laboratorium pengujian. Laboraturium tersebut harus memenuhi standar yang terdapat pada ISO 17025. (hmz/kontan/dbs)

 

 

Baca juga:

Begini Respon Pihak Hachi Group Terkait Larangan Kue Tart Tak Berlogo Halal di Outlet

Responsive image
Other Article
Responsive image