:
:
News
Kemenag Rancang Program Sertifikasi Da’i

gomuslim.co.id – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menyatakan telah merancang program sertifikasi da’I untuk para pendakwah. Menurutnya, keberadaan Sertifikasi telah dicanangkan lebih dulu oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Saya punya program itu tapi belum tahu namanya apa, tapi saya sepakat. Saya sempat singgung pada rapat (soal) ulama yang bersertifikat," kata Fachrul usai melaksanakan senam bersama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat pada Jumat, (22/11/2019).

Ia menegaskan adanya sertifikasi bagi Dai bukan untuk membeda-bedakan bagi Dai bersertifikat dan tidak untuk berdakwah. Menurutnya, para Da'i yang tidak memiliki sertifikat pun nantinya boleh saja berdakwah.

 

Baca juga:

Kemenag Diminta Laporkan Dana Penyelenggaraan Haji 2019 ke Publik 

 

"Tapi (sertifikasi) itu tidak sedikit membatasi orang yang punya sertifikat. Tapi dengan itu kan ilmunya (diharapkan) tambah. Garis bawahi tidak menjadi persyaratan orang untuk menceramah dimana-mana, silahkan saja," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Pusat menyelenggarakan kegiatan Standardisasi Dai di Kantor MUI Pusat, Menteng, Jakarta, Senin, (18/11/2019) lalu.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, Cholil Nafis menjelaskan standarisasi Da'i bertujuan mengembangkan kompetensi para Dai atau Daiyah.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk wadah pendidikan yang dapat mendidik dan mengembangkan kemampuan para Dai atau Daiyah sehingga dapat merespons perkembangan zaman dan dapat menyelesaikan problematika umat, khususnya dalam konteks keindonesiaan,” kata Cholil seperti dikutip dari laman www.mui.or.id. (hmz/detik/dbs/foto:klikpositif)

 

 

Baca juga:

Kemenag Kukuhkan Tiga Profesor Riset dan Peneliti

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store