:
:
News
ACT Targetkan 100 Armada Truck dalam Program Jelajah Humanity Rice Truck

gomuslim.co.id – Aksi Cepat Tanggap mentargetkan 100 Unit Truck dalam program ACT Jelajah Humanity Rice Truck yang akan direncanakan untuk road show di sejumlah wilayah di Indonesia yang terdampak kekeringan serta kelaparan.

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin mengungkapkan, kemarau Panjang yang terjadi di Indonesia kali ini, berdampak pada kemiskinan yang terjadi kepada warga. Karena imbas dari kondisi tersebut dapat mengakibatkan perekonomian masyarakat menjadi carut marut.

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin

 

“Bagaimana tidak. Jika kita lihat di Kabupaten Bandung ini saja, sebagian besar mereka bekerja sebagai petani dan berkebun. Jika musim kemarau, air tidak ada, padi mereka gagal panen, dimana mereka mendapatkan penghasilan, semakin carut marut perekonomian mereka,” ungkap Ahyudin saat ditemui wartawan di sela pendistribusian Rice Truck ACT di Bandung, Kamis, (21/11/2019).

Karena itu, menurutnya, bantuan pangan saat ini sangatlah yang utama dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, ACT saat ini baru memiliki 5 Unit Truck Humanity, diantaranya 2 Foodtruck, 1 Ricetruck, dan 2 Water Truck. Sedangkan kata Ahyudin, program jelajah humanity ini akan diawali dengan 3 bulan yang terus bergerak dalam 25 hari setiap bulannya.

“1 truck ini saja, mampu menampung 10 Ton beras, sama dengan 100 Kilogram. Target kita berikan per-KK adalah 5 kilogram. Berarti setiap Rice Truck ini, berbagi untuk 2000 Kepala Keluarga,” jelasnya.

 

Baca juga:

ACT Kirim 10 Ton Beras dengan Rice Truck untuk Warga Desa Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat

 

Ia mengatakan selama 25 hari pergerakan Truck Humanity untuk dibeberapa wilayah krisis pangan. Maka katanya, sekitar 250 Ton Beras harus siap di distribusikan dengan 50.000 kepala Keluarga.

“Untuk 50.000 kepala keluarga selama 1 bulan itu, saya khawatir tidak mencangkup karena kapasitas truck yang kita miliki untuk ricetruck saja baru 1 unit. Tapi ini merupakan awal kita bergerak agar menggugah para dermawan untuk dapat membantu merealisasikan program ACT di Ricetruck saat ini,” kata Ahyudin.

Dengan kondisi tersebut, ia mentargetkan pada tahun 2020, ACT memiliki 100 Armada Truck Jelajah Humanity dalam menebar kebaikan sosial diwilayah terdampak krisis pangan, gizi, ekonomi, maupun air bersih.

Untuk diketahui, beras yang didistribusikan untuk masyarakat merupakan beras dari lumbung pangan wakaf. Dimana ACT menggalang dana wakaf  tunai dari masyarakat luas, lalu dana tersebut digunakan untuk bibit padi yang kemudian disebar ke petani binaan ACT di wilayah Kerawang, Tasikmalaya, dan Blora.

“Masing-masing wilayah nanti akan memproduksi 1.500 Ton perbulan,” pungkasnya. (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Atasi Krisis Air, Global Wakaf ACT Bangun Sumur Wakaf di Kabupaten Pinrang

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store