:
:
News
ACT Kirim 10 Ton Beras dengan Rice Truck untuk Warga Desa Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat

gomuslim.co.id - Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirim 10 Ton beras untuk warga kampung gunung sanggar, Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat. Pendistribusian tersebut merupakan awal peluncuran program ACT Jelajah Humanity Rice Trcuk yang direncanakan akan road show di sejumlah wilayah yang terdampak kekeringan serta kelaparan.

Ketua Dewan Pembina ACT, Ahyudin mengatakan dipilihnya Kabupaten Bandung barat ini merupakan wilayah yang terkondisikan darurat pangan. Pada program awal kali ini, ACT mengirim bantuan beras, air bersih, pengobatan dan makan gratis.

"Sudah hampir tujuh bulan mereka mengalami kekeringan. Kebun dan sawah mereka tidak panen karena hujan tidak juga kunjung datang, oleh karena itu, dengan laporan masyarakat, kami ACT segera mengeksekusi pengiriman bantuan kelokasi itu," ungkap Ahyudin kepada gomuslim dalam pelepasan 10 Ton Beras di Kabupaten Bandung, Kamis, (21/11/2019).

Kepala Satpol PP Karso, Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, dan Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Ard. Teguh Waluyo

 

Ia memaparkan, masyarakat Sindangkerta baik yang berada di Kampung Gunung Sanggar, Muara Ramai, Pesinggirang, Pesinghilir, maupun Tarajamukti, areal pesawahannya tidak lagi produktif akibat dilanda kemarau panjang.

"Desa ini memprihatinkan, ada 100 anak mengalami gizi buruk akut tertinggi di Jawa Barat makanya kita pilih disini," ungkapnya.

Karena itu, menurutnya, beras bagi masyarakat ekonomi lemah lebih penting ketimbang bentuk bantuan lainnya. Sebab, beras menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat selain menjadi makanan pokok sehari-hari.

Sementara itu, dalam bantuan pangan beras kali ini, ACT menerjunkan chef professional dalam memberikan makanan gratis kepada warga gunung sanggar. Koordinator Humanity Foodtruck ACT, Chef Jhonny Kusumahadi mengungkapkan membuat 1000 porsi makanan sehat.

“Menu yang kita hadirkan kali ini ada nasi putih, olahan ayam mentega, bistik daging, ada capcay, tempe, sambal dan air meniral. Ada 7 item dalam 1 kotak,” jelas Chef Jhonny.

Chef Jhonny menyatakan, pada foodtruck ACT kali ini menerjunkan 10 Koki untuk mensupport aksi sosial kemanusiaan.

Kemudian, Komandan Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Letkol Ard. Teguh Waluyo mengungkapkan, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan ACT sangat bermanfaat dan menggugah semua elemen masyarakat maupun komponen bangsa untuk lebih dermawan dalam menyisihkan sebagian harta bagi kelangsungan kehidupan masyarakat yang membutuhkan.

"Kami respon baik bantuan dari ACT yang dengan luar biasa sudah meluncurkan Humanity Rice Truck, membagikan beras, kemudian layanan air bersih serta makanan gratis bagi masyarakat Desa Sindangkerta yang menjadi pembinaan teritorial Kodim 0609," kata Letkol Ard. Teguh.

Nurhalimah warga kampung gunung sanggar, Desa Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat

 Nurhalimah selaku warga Bandung Barat mengungkapkan kebahagiaannya atas bantuan yang dikirimkan kepada ACT. Katanya, bantuan yang disampaikan ACT sangatlah tepat sesuai dengan kebutuhan dirinya.

“Alhamdulillah, bantuan ACT sangat membantu. Suami saya petani sawah. Sudah beberapa bulan terakhir suami saya gagal panen terus karena kemarau Panjang. Bahkan untuk menyambung hidup, suami saya sekarang bekerja mengerukkan batu di tebing tinggi yang ada disini untuk dijual ke matrial gitu. Tapi untuk beras, sangat sulit didapatkan,” pungkasnya. (hmz/gomuslim)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store