:
:
News
Bantu Muslim Tunarungu, Imam Masjid Turki Ini Belajar Bahasa Isyarat

gomuslim.co.id - Seorang imam di provinsi Muğla, Turki mempelajari bahasa isyarat untuk memberikan khutbah kepada Muslim yang tunarungu. Idris Sarı, imam Masjid Akyol di distrik Menteşe, mengatakan dia belajar bahasa isyarat agar bisa berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang disabilitas dalam komunitasnya.

Sarı mengatakan bahwa dirinya menggunakan bahasa isyarat di pusat pelatihan komunitas yang dikelola oleh Presidensi Urusan Agama (DIB), dan berhasil menyelesaikan kursus setelah tiga bulan. Sekarang, Sarı menggunakan bahasa isyarat untuk memberikan khutbahnya pada salat Jumat.

"Awalnya, komunitas itu merasa sedikit aneh tetapi mereka dengan cepat menghargai usaha saya setelah melihat orang-orang percaya cacat muncul di doa. Sekarang kami memiliki delapan orang cacat cacat di komunitas kami. Saya mengobrol dengan mereka setelah sholat dan menjawab pertanyaan agama mereka,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Daily Sabah, Jumat, (15/11/2019).

 

Baca juga:

Universitas Malaysia Kembangkan Aplikasi Alquran untuk Penyandang Disabilitas Tuli

 

Sari mengaku sangat senang bisa membantu mereka yang kesulitan dalam pendengaran. Selain khutbah, ia juga memberikan pelajaran Alquran dalam bahasa isyarat dua kali seminggu untuk para tunarungu.

Mufti setempat, Mustafa Aydın mengatakan upaya Sarı diterima dengan baik di masyarakat dan dia berharap lebih banyak imam akan menggunakan bahasa isyarat. "Kami berharap untuk memperluas praktik ini di masa depan. Kami ingin dapat terhubung dengan semua orang di seluruh negeri," kata Aydın. (jms/dailysabah)

 

 

Baca juga:

Bimas Islam Kemenag Siap Beri Bantuan Fasilitas untuk Penyandang Disabilitas di Masjid

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store