:
:
News
Masya Allah, Perpustakaan Daerah Purwakarta Miliki Koleksi Alquran Mini

gomuslim.co.id - Perpustakaan Daerah Purwakarta miliki koleksi unik yakni Al Quran berukuran mini. Bersampul merah, Alquran ini berukuran panjang 2,5 centimeter dibaca menggunakan kaca pembesar.

Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Daerah Purwakarta, Rita Utami, menuturkan Alquran mini ini menjadi koleksi Perpustakaan Daerah setelah diberikan wanita yang tidak menyebutkan identitasnya. Wanita itu datang menitipkan Alquran mini beberapa bulan lalu untuk disimpan di perpustakaan.  

“Sekitar lima bulanan yang lalu ada yang datang katanya mau menitipkan sesuatu buat jadi koleksi. Saya pikir mau kasih buku apa, ternyata Alquran mini ini,” ungkapnya, Senin, (11/11/2019).

Rita mengaku sejak dititipkan pemiliknya, pihaknya belum menampilkan koleksi tersebut di Perpustakaan Daerah Purwakarta. Alquran mini tersebut masih disimpan dalam kain yang ditaruh di dalam sebuah wadah. Ia berharap Alquran ini dapat dilihat banyak orang, sehingga lebih bermanfaat.

 

Baca juga:

Ketik Alquran Selama Tiga Jam, Siswa SD di Semarang Pecahkan Rekor

 

 “Memang belum ada tempat penyimpanannya jadi belum dipajang. Pengennya ada kotak kaca gitu untuk ditaruh biar lebih aman dan terjaga,” katanya.  

Menurutnya, sebelum dipajang Alquran tersebut melewati serangkaian uji keaslian hingga usianya. Untuk itu pihaknya ingin terlebih dahulu meneliti Alquran tersebut.

 “Ini kan Alquran ya, kita harus lihat dulu surat-suratnya benar sesuai dengan Alquran aslinya nggak. Terus usianya berapa apa masuk koleksi purba karena waktu pemiliknya kasih dia nggak ngomong apa-apa dari mana sejak kapan,” tuturnya.

Ia menambahkan Alquran mini ini tidak ada hubungannya dengan kisah misterius atau jimat. Karena bentuknya layaknya Alquran cetak dengan ukuran mini maka perpustakaan memfasilitasi untuk bisa dilihat masyarakat luas. 

“Jika memang Alquran mini ini asli dan layak dipajang, koleksi ini akan ditampilkan pada tahun depan. Peresmiannya bisa saja bersamaan dengan perayaan ulang tahun perpustakaan daerah yang jatuh pada Februari” ujarnya. (waf/rep/dbs)

 

 

Baca juga:

Pemkab Bekasi Rencanakan Program Magrib Mengaji

Responsive image
Other Article
Responsive image