:
:
News
Monday Forum Institut TAZKIA Bahas Peluang Kolaborasi Ekonomi Kreatif dan Wisata Halal

gomuslim.co.id – Ekonomi kreatif di Indonesia dapat terus berkembang seiring pembangunan sumber daya manusia demi mencapai tujuan strategis Indonesia di sektor pariwisata halal. Kedua variabel ini mempunyai peluang yang amat menguntungkan untuk mendongkrak pendapatan negara, mulai dari devisa negara, produk domestik bruto (PDB), dan lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Jurusan Magister Komunikasi & Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Tantan Hermansah, M. Si dalam agenda Monday Forum di Institut TAZKIA, Senin (11/11/2019). Acara bertajuk ‘Islam, Ekonomi Kreatif, & Wisata Halal’ ini dimoderatori oleh Direktur Pusat Studi Halal Institut TAZKIA, Dr. Indra, M. Si.

Tantan menyebut wisata halal dan ekonomi kreatif baru dapat tercapai ketika SDM-nya sudah dibangun dan dibina tentang pengelolaan kawasan pariwisata.  Akademisi asal Garut ini menilai, ekonomi kreatif dapat selalu ada dan berkembang secara terus menerus tentunya berasal dari ide yang dikeluarkan dari para pelaku ekonomi kreatif.

 

Baca juga:

Masya Allah, Musisi Ini Dukung Pemerintah Jadikan Bali sebagai Destinasi Wisata Halal

 

“Nantinya ide-ide tersebut dapat dikolaborasikan dengan wisata halal setelah dikeluarkannya roadmap tentang pariwisata halal oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” jelasnya.

Karena itu, ia menyebut forum-forum diskusi seperti Monday Forum ini terus dilakukan agar para akademisi dapat menyiasati peluang dengan baik.

“Tentunya juga dapat mendorong pemerintah untuk segera menetapkan dan mengeluarkan roadmap pariwisata halal,” ujarnya.

Pad sesi diskusi kali ini, Tantan juga memaparkan sejumlah cara untuk menilai pencapaian pengembangan ekonomi kreatif. Beberapa diantaranya seperti penciptaan nilai tambah dan mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan jumlah dan daya saing ekonomi kreatif.

“Lalu, peningkatan devisa dan kontribusi terhadap neraca perdagangan, dan peningkatan konsumsi Republik Indonesia terhadap produk kreatif,” tutupnya. (jms/tazkiatv)

 

 

Baca juga:

Usung Konsep Halal, Hotel Ini Layani Antar Jemput Salat Subuh kepada Pengunjung

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store