:
:
News
Usai Gaungkan Wisata Halal, Kini Pemprov NTB Tawarkan Layanan Halal Medis

gomuslim.co.id – Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menggaungkan wilayahnya menjadi area lokasi destinasi halal. Setelah beberapa waktu lalu memperkenalkan wisata halal, kini Pemerintah NTB kembali tawarkan konsep halal medis.

Konsep halal medis ini menawarkan bagaimana pelayanan medis yang Syariah. Dimana pasien wanita di layani pengecekan kesehatannya dengan perawat dan dokter wanita, begitu juga sebaliknya.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dokter Nurhandini Eka Dewi menyebutkan, konsep wisata medis adalah bagaimana menawarkan pelayanan medis yang aman dan nyaman sambil menikmati keindahan alam di NTB.

“Jadi wisata medis itu kan, daerah yang menjadi pelayanan medis pilihan nomor satu untuk orang datang ke sini. Dia datang sebagai pasien tetapi dia juga bisa memanfaatkan wisata di sekitarnya, dan menjadai pilihannya berwisata,” kata Dewi dalam keterangan tertulis pada Selasa, (05/11/2019).

 

Baca juga:

MUKISI Akan Gelar Pameran Internasional Produk Kesehatan Syariah di Jakarta

 

Disebutkannya, layanan medis yang menyediakan pelayanan radioterapi di Indonesia hanya sekitar 10 rumah sakit, dan salah satunya ada di NTB.

“Radioterapi ini terbatas, karena antrean panjang, jadi orang punya pilihan lain, yaitu pelayanan radioterapi di NTB, dan antrean lebih pendek. Kalau dari Jawa itu antrean panjang,” ujar Dewi.

Menurutnya, di Pulau Jawa masih minim pelayanan, sehingga diharapkan NTB bisa menjadi alternafi bagi pasien agar tidak menanti panjang.

Ada pun tawaran pelayanan medis yang menjadi unggulan wisata medis adalah pelayanan radioterapi, salah satu cara pengobatan untuk penderita kanker.

“Pelayanan yang kita unggulkan itu radioterapi, kita jadikan unggulan wisata medis, karena pelayanannya di Indonesia masih terbatas,” kata Dewi.

Kemudian, pelayanan lainnya juga disiapkan untuk menunjang medical tourism, seperti pelayanan pengobatan penyakit jantung. (hmz/tribun/dbs/foto ilustrasi: lampungpro)

 

 

Baca juga:

MUKISI Siapkan Standarisasi Pelayanan Islami di Rumah Sakit Standar MUI

Responsive image
Other Article
Responsive image