:
:
News
Begini Cara Unik Warga Kairo Peringati Maulid Nabi Muhammad

gomuslim.co.id – Kairo menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan cara mempersiapkan permen-permen manis yang diproduksi langsung di Bab Al-Bahr. Penyambutan khas warga Kairo ini dikenal dengan nama Al Mawlid Al Nabawi.

Dilansir kantor berita France24,cara warga Kairo untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan cara membagikan manisan dan permen hias yang berbentuk boneka. "Kami ingin berbagi kebahagian," kata salah satu pemilik toko permen.

Menurut pemilik toko itu, salah satu produknya permen boneka dengan gliter dan kertas warna warni yang memggambarkan keceriaan anak-anak. "Kami datang tiap tahun ke jalan ini untuk menghias permen," katanya.

 

Baca juga:

Masjid Agung Surakarta Gelar Seni Gamelan yang Jadi Alat Penyebar Islam di Jawa

 

Kemudian, Muslim Sunni di seluruh dunia biasa merayakan hari lahir Nabi Muhammad SAW setiap hari ke 12 di bulan ketiga kalendar Islam atau penanggalan Hijriah. Tahun ini, hari bersejarah itu jatuh pada Sabtu 9 November. 

“Mereka merayakan hari bahagia itu membuat berbagai permen lezat dari kacang, biji wijen, kelapa dan pistachio,” ungkap pemilik toko itu.

Untuk diketahui, Jalan Bab al-Bahr juga terkenal sebagai area dengan masjid, pemakaman dan caravan bersejarah. Karena itu, dengan nilai sejarahnya, Pemerintah Kairo menerapkan setiap pagelaran ke-Islaman dapat menggunakan jalan tersebut, salah satunya adalah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, Nabi Muhammad SAW lahir di Saudi Arabia di kota pegunungan Mekah sekitar 1450 tahun lalu. Perayaan Maulid Nabi diperkirakan mulai dilakukan di Mesir sejak Dinasti Fatimid berkuasa sekitar 1.000 tahun lalu. (hmz/france24)

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Ini 10 Kota Wisata Terbaik 2020 versi Lonely Planet

Responsive image
Other Article
Responsive image