:
:
News
Bimas Islam Gelar Festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional di Yogyakarta

gomuslim.co.id – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam melalui Direktorat Penerangan Agama Islam menghelat Festival Seni Budaya Islam Tingkat Nasional Tahun 2019. Acara yang bertajuk “Seni Budaya Islam Sebagai Penguat Moderasi Beragama’ ini berlangsung selama empat hari, pada tanggal 22 hingga 25 Oktober 2019 di Gelanggang Olahraga Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi, mengatakan bahwa undang undang mengamanatkan negara untuk melestarikan seni budaya di Indonesia, termasuk di dalamnya Seni Budaya Islam yang saat ini menurutnya mulai terpinggirkan.

"Ini adalah salah satu langkah strategis Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam untuk merevitalisasi kembali Seni Budaya yang Islami, seperti wali-wali dan ulama kita terdahulu dalam mensyiarkan Kebudayaan Islam ke masyarakat " papar Juraidi saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (22/10/2019).

 

Baca juga:

Dirjen Bimas Islam: Penghulu Harus Siap Ditempatkan Di mana Saja

 

Lebih lanjut, kata Juraidi, hal tersebut dibutuhkan untuk mengimbangi pengaruh budaya-budaya asing yang masuk ke tanah air. Ia menambahkan kegiatan serupa pada tingkat provinsi sebelumnya telah dilaksanakan di berbagai daerah.

Agenda ini juga turut dihadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Yogyakarta dan sejumlah Kepala Kanwil Provinsi lain di Indonesia. Ada dua kategori yang dilombakan pada Festival ini, yaitu Vokalis Religi (Putra/Putri) dan Theater yang pesertanya merupakan perwakilan dari Provinsi di seluruh Indonesia. Pembukaan kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penyanyi Opick yang membawakan sejumlah lagu religi, antara lain Tombo Ati, Rapuh, dan lain-lain. (nov/dbs/bimasislam)

 

Baca juga:

Bimas Islam Gelar Workshop Akuntansi Wakaf untuk Profesionalisme Nadzhir

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store