:
:
News
Siap Jadi Kampus Halal, Universitas Muslim Indonesia Makassar Dorong Kantin Bersertifikat Halal

gomuslim.co.id - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendorong seluruh unit usaha kantin untuk mengantongi sertifikat halal. Melalui UPT Halal Center UMI, program ini mulai dicanangkan dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi.

Dengan menggandeng Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar, UMI menyelenggarakan edukasi sertifikasi halal di Ruang Senat Kampus II UMI, Jl Urip Sumoharjo. Pelatihan ini dikhususkan bagi para staf kantin di lingkup UMI, yang diikuti sekitar 30 orang.

Mulai dari staf kantin di lingkungan Kampus, kantin di Rumah Sakit Ibnu Sina hingga kantin Pesantren Padanglampe. Ketua UPT Halal Center UMI, Dr La ifa mengatakan, peserta yang hadir diharapkan mampu menerapkan sertifikasi halal pada produk atau dagangannya.

 

Baca juga:

Urus Sertifikasi Halal Anti Ribet, BPJPH Siapkan Sistem Informasi Halal

 

"Makanya kita hadirkan dari LPPOM MUI supaya ada edukasi awal apa-apa yang perlu dipersiapkan, dan Insya Allah jika bersertifikat halal dagangan di kantin akan semakin laku," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor V UMI, Prof Hatta Fattah, menerangkan jika sepatutnya UMI menjadi lembaga yang menerapkan sertifikasi halal. Sebab baginya UMI adalah lembaga islam yang patut menjadi pelopor.

"UMI kita telah canangkan sebagai lembaga pendidikan dan dakwah, dengan ini UMI ini menjadi bagian terdepan menjalankan halal. Kalau di UMI saja tidak halal bagaimana dengan yang lain makanya kita harus dorong ke situ," paparnya.

Ia menambahkan hal yang terpenting pasca pelatihan para staf kantin mulai berkomunikasi kepada pemilik kantin untuk segera diterapkan. "Pelatihan ini penting tapi yang paling penting yakni pengimplementasiannya. Diharapkan habis dari sini, bapak ibu sampaikan ke pemiliknya untuk mensertifikasi halal," tambahnya.

Usai menggelar pelatihan bersama LPPOM MUI Makassar, UMI dalam waktu dekat bakal menggelar Training of Trainer (ToT) bersama MUI Pusat. Kegiatan ini merupakan lanjutan keseriusan UMI menuju kampus Halal.

"Kepada LPPOM kami sudah komunikasi dengan Pak Lukman Hakim akan ada digelar ToT akhir oktober bersama LPPOM MUI Pusat," tutupnya. (nov/tribunnews/fajar/dbs)

 

 

Baca juga:

BPJPH Siapkan Sistem Pendaftaran Sertifikat Halal

Responsive image
Other Article
Responsive image