:
:
News
Fatayat NU Gelar Pekan Olahraga Perempuan di Lampung

gomuslim.co.id - Pekan Olahraga Perempuan (POP) 2019 Fatayat NU di Lampung resmi dibuka. Peresmian kegiatan tahunan yang akan berlangsung pada 26-28 September 2019 di GOR PKOR Way Halim, Lampung ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Lampung, Choirunnisa.  Bertajuk 'Sport for Peace: Ruang Perjumpaan Perempuan untuk Perdamaian', pembukaan acara dimeriahkan dengan senam Zumba massal bersama Nunik.

Terdapat tiga cabang olahraga yang dipertandingan dalam kegiatan ini seperti voli, hadang (gobak sodor), dan senam kreasi poco-poco. Sebanyak 540 atlet turut serta memeriahkan POP 2019. Selain itu, sebanyak 34 organisasi perempuan lintas ideologi dan agama se-Sumatera bagian selatan juga ikut berpartisipasi dalam acara ini dan tergabung dalam 60 tim.

“Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah cabang olahraga yang dilaksanakan dalam jumlah grup. Ini agar kesempatan mereka saling berinteraksi, bekerjasama lebih tinggi,” tegas Nurhabibah selaku Ketua Panitia POP 2019 dalam keterangan tertulis, Kamis (26/09/2019).

Kegiatan yang didukung oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga ini juga menampilkan senam poco-poco masal yang diikuti  dua ribu perempuan se-Lampung.  “Saya bahagia karena keikutsertaan masyarakat yang maksimal dalam senam poco-poco masal pembukaan POP, ini menunjukan semangat olahraga masyarakat meningkat dan semoga ini terus menjadi tradisi baik bagi semua kalangan masyarakat,” ungkap deputi pembudayaan olahraga Kemenpora RI, Isnanta.

Ia berharap kegiatan ini secara rutin bisa dilaksanakan agar olahraga menjadi massif dan dinikmati banyak orang. Setidaknya ada lima prinsip olahraga yang mudah sekali untuk diingat, yaitu 5M (murah, meriah, manfaat, mudah, dan massal). “Semoga kegiatan ini terus diadakan tiap tahunnya dan ada cabang olahraga lain yang bisa ditampilkan, terutama untuk olahraga tradisonal,” tambahnya.

 

Baca juga :

Olahraga Sambil Amal, Masjid London Timur Helat Muslim Charity Run Ke-8

 

Sejalan dengan hal ini, Ketua Umum Fatayat NU, Anggia Ermarini menegaskan niat kuat Fatayat untuk memajukan banga melalui olahraga. Ia juga berharap kegiatan POP ini bisa membangun semangat bagi perempuan untuk berolahraga. Selain itu, POP ini menjadi ajang pelestarian olahraga tradisional.

“Kalau olahraga sudah menjadi gaya hidup dan membudaya, lama-lama orang merasa olahraga ringan dan gampang dilakukan dan saya yakin perempuan yang disebut sebagai tiang negara harus sehat lahir batin agar negara ini kuat," ungkapnya. (waf/rls/dbs)

 

Baca juga:

Muslimat NU Raih Sertifikat Leaderships Development Australia Awards Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image