:
:
News
Latih Jiwa Kewirausahaan, Pesantren Ini Buat Produk ala Santri

gomuslim.co.id - Pesantren Daarul Uluum yang berlokasi di Jalan Siti Armidah, Majalengka Kulon, Majalengka miliki produk unggulan karya anak santri. Produk itu adalah ‘sabun santri yang sukses mencuri pasar kategori perlengkapan mandi di kalangan santri di Jawa Barat. Tak hanya digunakan oleh para santri di Pesantren Daarul Uluum, produk ini juga telah dipasarkan ke beberapa pesantren khususnya di daerah Jawa Barat.

Terbuat dari bahan-bahan alami, sabun ini dibuat langsung oleh para santri dari tingkat Aliyah. Produk sabun santri menjadi menarik karena bahan dasarnya berasal dari beras. 

Pengurus Madrasah Aliyah Ponpes Daarul Uluum, Ustaz Aang Fakhrurrazi, menuturkan ide ini didapatkan hasil dari praktikum santri di sekolah. Setelah itu, santri secara berinisiatif membuat sabun cair dalam kemasan botol dan sabun batangan untuk digunakan santri di sini.

“Awalnya memang dari praktikum kimia bikin sabun gitu, lalu ada ide kenapa kita ngga kembangkan saja ini, kita jual di internal gitu,” ungkapnya, pada Rabu (25/09/2019).

 

Baca juga :

Masya Allah, 100 Santri Pekalongan Ngaji Alquran Bersama di Gerbong Kereta

 

Selain sabun, salah satu unit usaha yang sukses dikembang di pondok pesantren ini adalah Warung Serba Ada (Waserda). Dengan konsep mini market, hasil karya santri juga dijual di sini dan kebutuhan santri yang lain seperti peralatan belajar hingga produk makanan dan minuman. Para santri pun didorong agar dapat memasarkan produk-produknya kepada sesama santri lainnya serta kepada wali santri.

“Kita tawarkan kepada santri mau ikut menjualkan itu silakan, melatih mental para santri agar bisa menjual produknya,” ujarnya.

Kini produk sabun santri pun makin berkembang. Seminggu sekali, santri secara bergantian sesuai jadwal untuk belajar membuat sabun santri. Menurut Aang setiap minggunya santri dapat membuat sekitar 500 sabun baik sabun cair maupun batangan. 

“Kita tak mau mengganggu belajar santri, sehingga kita jadwal buatnya seminggu sekali,” katanya. 

Selain belajar berbagai disiplin ilmu agama, santri di Pesantren Daarul Uluum juga didorong agar memiliki jiwa kewirausahaan. Pesantren juga memiliki Bank Mini sebagai salah satu program literasi keuangan dan mengenalkan dunia perbankan pada santri. (waf/republika/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store