:
:
News
Bantu BNPB, Rumah Zakat Action Terjunkan 9 Relawan Padamkan Karhutla di Sumsel      

gomuslim.co.id - Kebun Raya Sriwijaya, Sumatera Selatan menjadi salah satu wilayah yang mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Merespon hal tersebut, Rumah Zakat Action langsung menerjunkan sembilan orang relawan untuk membantu memadamkan api.

Koordinator Rumah Zakat Action Sugandi mengatakan, tim yang dikirimkan dibagi menjadi dua kelompok. Pertama, pos segar yang bertugas di posko utama dan yang kedua membantu BPBD dalam pemadaman kebakaran. Selain pemadaman, relawan juga memberikan layanan pemeriksaan kesehatan umum, konsultasi dokter, pemberian obat dan pembagian masker gratis kepada 70 warga yang terdampak.  

“Sebelum ikut dalam aksi memadamkan api di lokasi, tim Relawan Rumah Zakat Action Sumsel juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di sekitar tempat kabakaran melanda,” ujarnya dalam keterangan tertulis. 

Guna memudahkan sinergi, Rumah Zakat terus melakukan koordinasi sersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumatera Selatan, Rumah Zakat dalam mengatasi masalah karhutla di wilayah ini.

 

Baca juga :

Indonesia Darurat Asap, Rumah Zakat Lakukan Respon Bencana Asap di Enam Provinsi

 

“BNPB maupun Rumah Zakat sama-sama sepakat untuk mengatasi permasalahan karhutla bersama yang menyebabkan kabut asap di Palembang dan beberapa kabupaten kota lainnya. Perjalanan yang memakan waktu 1,5 jam dari kantor Rumah Zakat, melewati lahan gambut yang gersang dan ketika berada di lokasi, terlihat asap yang dsri lahan terbakar," ungkapnya. 

Pemadaman yang di koordinir oleh Gata dari Basarnas ini memutuskan untuk memadamkan ke daerah belakang dari posko utama. Sampai saat ini, Rumah Zakat Action terus berjibaku menyiram titik yang dianggap berpotensi menyebabkan api kembali membesar.

Hari ini, Rabu (25/09/2019) Rumah Zakat juga telah memberangkatkan armada berupa Mobil Oksigen dan Armada logistik yang membawa oksigen, obat – obatan dan Masker N-95 serta kembali menugaskan relawan tambahan untuk melakukan Aksi Peduli Bencana ke lokasi terdampak.

Rumah Zakat menyediakan pos darurat kabut asap, pos segar, peralatan logistik, ambulans, mobil oksigen, layanan kesehatan, dan telah mendistribusikan 15.200 masker di Pontianak, Pekanbaru, Palembang, Palangkaraya, Palembang, Banjarmasin, Medan dan Padang.

“Kami akan terus berupaya memberikan penanganan terbaik bagi masyarakat yang terpapar asap. Penanggulangan bencana ini bukan hanya pemerintah yang bertanggung jawab, tapi kita juga mempunyai kewajiban untuk memberikan solusi atas bencana asap yang terjadi ini,” kata Nur Efendi, CEO Rumah Zakat.

Efendi menambahkan, kualitas udara semakin memburuk, maka Rumah Zakat menyediakan Safe House bagi warga yang terdampak kabut asap di 5 lokasi yaitu 2 Safe House di Pekanbaru, 1 Safe House di Pontianak dan 1 Safe House di Jambi. (waf/rls/rz)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store