:
:
News
14 Ribu Hektar Sawah Kekeringan, Pemkab Karawang Gelar Salat Istisqa

gomuslim.co.id - Kekeringan melanda sebagian besar wilayah di Indonesia, tidak terkecuali di wilayah Karawang, Jawa Barat. Merespon hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar salat istisqa di halaman Pemkab Karawang, pada Selasa (24/09/2019). Sawah di wilayah Karawang yang telah mengering tercatat sekitar 14 ribu hektare.

"Dua puluh persen sawah kita terdampak kekeringan. Kemarin saya meninjau sawah di Pakisjaya dan Karawang Selatan, pasokan air memang kurang optimal," ujar Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat di Karawang, seluruh camat dan pemerintah desa untuk menggelar salat istisqa. Cellica berharap doa yang dipanjatkan selama salat istisqa ini bisa terkabul.

"Kita berdoa semoga kemarau panjang ini segera berakhir supaya sawah dan petani kita bisa mendapat pasokan air yang baik," harapnya.

 

Baca juga :

Dilanda Kekeringan, Petani di Ponorogo Gelar Shalat Istisqa di Sawah

 
Selain menyelamatkan sawah, salat istisqa juga dimaksudkan untuk meredam kebakaran hutan di Riau dan daerah lainnya. "Kita juga berempati atas kondisi masyarakat yang terdampak kebakaran hutan. Mudah-mudahan segera berakhir,"ungkap Bupati Karawang.

Sejalan dengan hal tersebut, Pemkab Karawang telah meminta tambahan debit air ke Perum Jasa Tirta 2 selaku pengelola saluran irigasi untuk mengurangi dampak kekeringan.

Kepala Dinas Pertanian Karawang Hanafi Chaniago menyebutkan kemarau panjang ini mengakibatkan sejumlah saluran irigasi seret yang mengakibatkan sawah warga tidadk mendapatkan pasokan air yang layak. Sebanyak 3 ribu hektare sawah kering tak terairi di Kecamatan Jayakerta dan Pakisjaya.

"Kalau gagal panen atau puso, stok beras di Jawa Barat bisa terpengaruh," ujar Hanafi. (waf/detik/dbs)

                                                                                           

Responsive image
Other Article
Responsive image