:
:
News
Prakarsa Anti-Kemiskinan, Muslim Toronto Kumpulkan Dana 100.000 Dolar

gomuslim.co.id - Muslim Toronto berhasil mengumpulkan dana sebesar USD 100.000 untuk prakarsa anti-kemiskinan di seluruh kota. Penggalangan dana ini berlangsung setelah salat Jumat pekan lalu di Nathan Phillips Square di luar City Hall.

Presiden dan CEO United Way Greater Toronto, Daniele Zanotti menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah bergabung untuk mendukung kampanye ini. Menurutnya, sudah ada sekitar 200.000 donatur yang turut berpartisipasi.

“Ini bukan cara saya atau cara anda, tetapi dengan cara bersama-sama untuk memastikan bahwa orang-orang di wilayah ini terpenuhi kebutuhan dasarnya seperti roti, atap, teman. Bersama-sama kita berikan harapan untuk orang lebih banyak," ujarnya seperti dilansir dari publikasi aboutislam, Senin (23/09/2019).

The Muslim Association of Canada (MAC) atau Asosiasi Muslim Kanada menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Harapan & Doa in the 6IX’. Kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung kampanye penggalangan dana tahunan United Way of Greater Toronto dan didukung oleh badan amal Muslim lainnya.

"Di tempat yang kita cintai ini, salah satu kota yang paling layak huni di dunia, kota yang juga memiliki masalah kemiskinan dan ketidaksetaraan pendapatan di Kanada. Di balik semua berita utama, kemiskinan adalah hal yang tak dapat dipisahkan yang memecah belah kita," katanya.

Ia menambahkan, saat ini setidaknya ada 270 jaringan agensi terkait kampanye di Toronto, Peel dan Durham Region. Setiap hari, mereka menjemput bantuan dan berharap semakin banyak orang ikut bersama.

 

Inisiatif Muslim

Walikota Toronto John Tory berbicara tentang pentingnya memiliki layanan bagi Muslim untuk salat Jumat di lapangan umum di luar City Hall. Menurutnya, untuk melaksanakan salat Jumat di sana adalah sesuatu yang sangat istimewa.

 

Baca juga:

Kurangi Sampah Plastik, Komunitas Muslimah di Masjid Toronto Buat Gerakan Ramah Lingkungan

 

“Saya berharap ini meningkatkan pemahaman. Ketika ide itu dibawa untuk melakukan salat Jum'at di sini, di Nathan Phillips Square dan menghubungkannya dengan beberapa komunitas, saya langsung antusias. Karena salah satu hal yang saya yakini adalah bahwa kita perlu untuk meningkatkan pemahaman tentang apa itu Islam dan apa yang bukan tentang Islam,” jelasnya.

Ia mengaku mulai mengerti karena telah melihat langsung kontribusi Muslim pada komunitas masyarakat. Orang-orang melakukan hal-hal baik untuk orang lain, merawat orang lain.

“Saya telah melihatnya terutama pada waktu Ramadhan tetapi juga di banyak waktu lain tahun ini,” kata Tory.

Tory menyebut selain layanan ibadah, penting juga untuk meningkatkan pemahaman bahwa Muslim memiliki kesadaran memainkan peran yang begitu besar. “Setiap hari, di berbagai sudut komunitas, kami membangun kota yang kuat, adil, dan inklusif,” ucapnya.

Shaikh Abdalla Idris Ali, seorang pemimpin agama, menyampaikan khutbah di mana ia mendorong pertemuan untuk bermurah hati dalam mendukung kampanye.

Ahmed Hussen, Anggota Parlemen Federal dan Menteri Imigrasi, Pengungsi dan Kewarganegaraan, mengatakan kepada hadirin bahwa acara publik ini merupakan tanggapan nyata terhadap narasi Islamophobia yang berupaya mengecualikan umat Islam.

“Warga Kanada bersama-sama mengatasi tantangan kemiskinan, mengatasi tantangan tunawisma, dan kerawanan pangan. Saya telah melihat contoh komunitas Muslim, dari pantai ke pantai, berkontribusi banyak untuk mengatasi masalah-masalah itu,” kata Menteri Hussen.

Hussen bersama Walikota juga memberi hormat kepada komunitas Muslim karena telah melangkah di atas dan melampaui panggilan tugas untuk menanggapi sesama manusia dan berkontribusi pada masyarakat Kanada untuk memastikan kita memenuhi cita-cita merawat sesama manusia.

“Pertemuan ini adalah tanggapan nyata terhadap merebaknya Islamofobia dan narasi anti-imigrasi yang merembes ke Kanada. Ini bukti bahwa imigran pun memberikan kontribusi, Muslim hadir dan terlibat dalam kehidupan sipil. Anda membuktikan dengan tindakan Anda sendiri, secara diam-diam dan tanpa pamrih, bahwa Anda sama Kanadanya seperti orang lain,” ungkapnya. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Manitoba Rayakan 20 Tahun Pekerjaan Sipil di Kanada

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store