:
:
News
Akomodir Siswi Berhijab, Baptist College Australia Ubah Kode Pakaian Sekolah

gomuslim.co.id – Bagi orangtua yang bekerja di negara asing, memilih sekolah yang tepat untuk anak-anak mereka bisa menjadi tantangan. Terutama bagi keluarga Muslim yang tinggal di sebuah komunitas di mana Muslim adalah minoritas. Selain berharap mendapatkan pendidikan yang berkualitas, keluarga juga berharap akan toleransi dan penerimaan masyarakat itu sendiri.

Baru-baru ini, seorang ayah Muslim Singapura yang sekarang tinggal di Australia, Syahrom Rahmad, berbagi tentang pengalaman putrinya pergi ke Baptist College setempat. Dia mengatakan bahwa kekhawatiran tentang putrinya sekolah di sana sudah hilang.  

“Ketika Sumaiyah bergabung dengan Baptist College setempat, kami diberi tahu bahwa dia adalah siswa hijabi pertama di sekolah menengah atas. Kepala sekolah mengambil upaya untuk mempersiapkan tempat sholat untuk Sumaiyah,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi World Of Buzz, Jumat, (20/09/2019).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa istrinya telah berdiskusi dengan kepala sekolah tentang hal ini. Mereka pun mengusulkan kepada anggota dewan bahwa jilbab dan pakaian yang menutupi aurat (bagian pribadi) dimasukkan sebagai bagian dari seragam sekolah.

 

Baca juga:

Festival Film Muslim Pertama Australia Resmi Dibuka di Perth

 

Anggota dewan menyetujui proposal dan mulai tahun 2020, pakaian sederhana seperti legging hitam, atasan lengan panjang putih, dan jilbab putih atau hitam akan dimasukkan sebagai bagian dari seragam sekolah.

“Kami senang bahwa komunitas lokal bekerja lebih keras untuk menegakkan toleransi satu sama lain dan ini adalah sifat yang harus diikuti oleh setiap komunitas saat ini. Perbedaan kita seharusnya tidak membedakan kita, mereka harus menjadi alasan kita tetap bersatu seperti potongan puzzle unik,” ucapnya.

Islam sendiri melihat jilbab sebagai kode berpakaian wajib, bukan simbol agama yang menunjukkan afiliasi seseorang.

Menurut Sensus Australia 2016, jumlah Muslim di Australia mencapai 604.200 orang, atau 2,6% dari total populasi Australia, meningkat lebih dari 15% dari jumlah populasi sebelumnya sebesar 2,2% yang dilaporkan dalam sensus sebelumnya 5 tahun. (jms/World Of Buzz/aboutislam)

 

Baca juga:

Perdana, Tim Basket Kanada Luncurkan Hijab Khusus Atlet Muslimah

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store