:
:
News
Komunitas Muslim Manitoba Rayakan 20 Tahun Pekerjaan Sipil di Kanada

gomuslim.co.id - Dua puluh tahun yang lalu, Muslim di Amerika Utara memiliki beberapa tempat untuk dikunjungi untuk layanan keagamaan dan sosial. Jadi beberapa tokoh Muslim bekerjasama untuk membentuk Asosiasi Layanan Sosial Islam (ISSA) untuk mengisi kekosongan, menyediakan layanan sosial dan dukungan kesehatan mental untuk Muslim Kanada dan Amerika.

Berlangsung hanya dalam beberapa hari, organisasi Muslim ini akan merayakan hari jadinya yang ke-20, merayakan bertahun-tahun menawarkan layanan sosial dan keagamaan kepada Muslim di Amerika Utara, Winnipeg Free Press melaporkan.

"Ada begitu banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh masjid atau organisasi Muslim, dan keluarga Muslim berada dalam krisis tanpa tempat untuk berpaling," kata Shahina Siddiqui yang mengingat situasi pada tahun 1999.

 Siddiqui, bersama dengan tiga orang lainnya, membentuk Asosiasi Layanan Sosial Islam (ISSA) untuk memberikan layanan sosial, dukungan kesehatan mental dan konseling untuk Muslim Kanada dan Amerika dengan cara yang sesuai secara budaya dan sensitif secara spiritual.

"Tidak ada organisasi lain yang mengabdikan diri untuk layanan keluarga Muslim atau advokasi atas nama keluarga Muslim yang terjebak dalam berbagai sistem," kata Siddiqui, yang telah menjabat sebagai direktur eksekutif sukarelawan untuk ISSA di Kanada sejak organisasi itu berpisah menjadi cabang AS dan Kanada pada tahun 2003.

Kamis, (19/09/2019), ISSA akan merayakan hari jadinya yang ke-20 pada perayaan gala di Victoria Inn, 1808 Wellington Ave. Bagi Siddiqui, peringatan itu adalah waktu untuk merayakan apa yang telah dicapai dalam membantu pendatang baru Muslim di Manitoba menavigasi sistem pelayanan sosial, terlibat secara sipil, dan menyediakan hal-hal seperti konseling, mediasi dan resolusi konflik.

“Kami telah menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah atau konsultasi tentang berbagai masalah yang dihadapi komunitas kami,” kata Siddiqui.

Ini juga melibatkan untuk mendidik semua sektor penyedia layanan untuk menjadi kompeten secara budaya dan sensitif secara spiritual ketika bekerja dengan Muslim, dan membangun jembatan antara berbagai komunitas untuk mengatasi rasisme.

 

Baca juga:

Temui Muslim Toronto, Pemimpin NDE Jabarkan Rencana Perangi Kebencian dan Islamophobia

Non-Muslim juga

Meskipun organisasi ini menyediakan layanan untuk Muslim terutama, banyak non-Muslim memuji peran besar yang dimainkannya di Kanada.

"Tidak hanya mereka belajar masyarakat dan budaya baru, dan seringkali bahasa baru, mereka memasuki sistem yang mungkin membingungkan," Lori Wilkinson, seorang profesor sosiologi dan kriminologi di University of Manitoba yang telah menjadi relawan dengan ISSA untuk sekitar lima tahun, kata.

ISSA membantu untuk “menerjemahkan dan menavigasi” cara Kanada dan Manitoba dalam menawarkan penyelesaian dan layanan sosial dengan cara yang dapat mereka pahami dengan lebih baik, membantu mereka “menghindari masalah” ketika mereka belajar “cara kami dalam melakukan sesuatu.”

Untuk diketahui, ISSA adalah "pembangun komunitas dan hubungan. Tujuan mereka adalah menyatukan orang-orang dari semua agama untuk belajar, berbagi, dan mendidik satu sama lain. Tanpa pekerjaan mereka, ia menambahkan: "Saya pikir Winnipeg akan menjadi ruang yang kurang ramah dan inklusif."

Selain itu, Siddiqui juga berterima kasih atas semua yang telah dicapai dan untuk peran yang bisa dia mainkan di dalamnya.

"Itu adalah panggilan saya, cara saya untuk membantu memperkuat Muslim Kanada sehingga mereka dapat menjadi peserta yang proaktif dalam perbaikan dan pertumbuhan negara kita," katanya.

Survei Rumah Tangga Nasional Kanada tahun 2011 memperkirakan Muslim di Kanada sekitar 1.053.945, atau sekitar 3,2% dari populasi, menjadikan Islam agama terbesar kedua di negara ini setelah agama Kristen.

Imigran Muslim pertama tiba di Manitoba dari Eropa Timur, Kepulauan Karibia, dan Lebanon pada awal 1900-an. Menurut Survei Rumah Tangga Nasional Kanada 2011, ada 12.405 Muslim di Manitoba mewakili 1% dari populasi. (fau/aboutislam/dbs)

 

Baca juga:

Komunitas Muslim Kanada Sumbang Perlengkapan Sekolah Gratis untuk Siswa Sekolah Katolik

Responsive image
Other Article
Responsive image