:
:
News
BAZNAS Kota Bekasi Distribusikan Rp 2,2 Miliyar Dana Zakat untuk 8 Kategori Mustahiq

gomuslim.co.id – Di Moment tahun baru Islam 1441 hijriah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi mendistribusikan dana zakat sebesar Rp. 2.217.300.000 yang diberikan kepada delapan kategori penerima Zakat atau Mustahiq.

Menurut Ketua Baznas Kota Bekasi, H Paray Said, delapan kategori penerima zakat tersebut diantaranya, 2.000 Siswa/wi MI, 1.130 Siswa/wi Mts, 750 Siswa/wi MA, 510 Anak Yatim Dhuafa, 48 Mahasiswa 1 Rumah 1 Sarjana,303 Lembaga RA, 245 Lembaga TPQ, dan Bedah 12 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Ketua Baznas Kota Bekasi, H Paray Said


“Alhamdulillah, penyaluran dana zakat pada hari ini terbilang yang paling besar dilakukan Baznas Kota Bekasi di tahun 2019, karena sebelumnya penyaluran dibawah angka 1,3 miliyar,” ungkap Paray kepada gomuslim di Aula KH Noer Ali, Islamic Center Koa Bekasi pada Selasa (10/9/2019).

 

Baca juga:

Baznas Bekasi Canangkan Program Beasiswa Anak Dhuafa di Jenjang Perguruan Tinggi

 

Ia mengatakan, pendistribusian zakat kali ini adalah yang ke-4 kalinya. Katanya, dari awal Januari 2019 hingga 8 September 2019, Baznas menerima dana zakat mencapai 13 Miliyar Rupiah.

“Pengeluaran Baznas sudah mencapai 10 miliyar lebih termasuk pada pendistribusian kali ini,” jelasnya.

Ia memprediksi hingga akhir Desember 2019, Baznas Kota Bekasi akan terus menerima dana zakat baik dari masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (Asn), mencapai dua miliyar rupiah atau tembus di angkat 15 miliyar lebih.

Sementara itu, dalam agenda tersebut, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi secara spontan menambahkan 100 ribu rupiah kepada 510 anak yatim binaan Baznas Kota Bekasi.

“Baznas memberikan 150 ribu rupiah untuk masing-masing anak yatim dengan total 510 anak yatim. Insya Allah saya tambahkan masing-masing anak 100.000 rupiah,” ungkap Pepen sapaan Akrab Wali Kota Bekasi.

Kemudian, Pepen juga menjanjikan akan memberikan kantor Sekretariat untuk Baznas Kota Bekasi yang bertempat di bekas kantor MUI Kota Bekasi.

“Sekertariat Baznas hingga saat ini masih menyewa dengan Islamic Center Bekasi dilantai 2 Aula Muzdalifah. Nanti Baznas akan dipindahkan di kantor bekasi MUI Kota Bekasi,” tegasnya.

Sebagai informasi, menurut hasil riset dari pusat kajian strategi Baznas, potensi zakat di Indonesia mencapai 233 triliun Rupiah. Hal tersebut disampaikan Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani.

 

“Dari 233 Triliun itu, terdapat tiga provinsi yang memiliki potensi zakatnya terbesar di Indonesia, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat adalah peringkat ketiga karena potensi Zakat yang di Terima Baznas Jabar, di angka 26.8 Triliun,” terang Arif di Agenda Peresmian Dana Zakat, Baznas Kota Bekasi.

Ia menilai, dengan potensi tingkat pertumbuhan Ekonomi Kota Bekasi yang terbilang menengah keatas, maka untuk penerimaan zakat Kota Bekasi juga dapat terbilang besar.

“Hal tersebut dapat dilihat dari penerimaan Zakat Kota Bekasi yang dari awal Januari hingga September 2019, sudah menembus angka 13 Miliyar rupiah,” pungkasnya. (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

BAZNAS Kota Bekasi Salurkan Dana Zakat Senilai Rp 1,2 Miliar

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store